Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Penelitian ITB Peroleh Dana Hibah Asahi Glass Foundation

Kompas.com - 16/09/2020, 17:42 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 14 penelitian Institut Teknologi Bandung (ITB) peroleh dana hibah dari Asahi Glass Foundation. ITB sendiri sudah menjalin kerja sama dengan Asahi Glass Foundation sejak 1988.

Setidaknya ada 310 proposal telah didanai lewat skema program riset.

"Kami berterima kasih kepada Asahi Glass Foundation yang telah memberikan hibah penelitian selama beberapa tahun ini. Sebanyak 14 hasil penelitian yang dipilih dari 59 proposal sudah memperoleh dana hibah," kata Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB I Gede Wenten.

Dalam keterangannya, seperti melansir laman ITB, Rabu (16/9/2020), Wenten menyampaikan, "pemilihan berdasarkan kelayakan intelektual, dampak lebih luas dari usulan penelitian, target hasil, dan rekam jejak peneliti utama." 

Baca juga: ITB Terima 6.491 Mahasiswa di Tahun Ajaran 2020/2021

Wenten mengaku, perguruan tinggi negeri ini senang mengumpulkan para penelitinya dalam rangka berlomba untuk memperoleh dana hibah penelitian dari korporasi, termasuk Asahi Glass Foundation, Jepang ini.

Pemberian ini menjadikan kepercayaan dan dukungan jangka panjang untuk ITB, agar terus memperoleh hasil karya penelitian.

4 fokus program ITB

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah menyampaikan, bahwa ITB sedang fokus terhadap beberapa aktivitas riset dan program untuk menguatkan posisinya sebagai universitas riset yang menuju entrepreneurial university.

Setidaknya ada empat program yang difokuskan, seperti menambah intensitas riset di ITB yang tercermin dari jumlah staf yang terlibat dalam penelitian dan jumlah dana yang diperoleh dari sumber nasional dan internasional dan pertumbuhan pendapatan ITB, baik itu dari pendanaan riset nasional maupun internasional

"Kemudian menambah publikasi riset di ITB, dan yang terakhir continuous improvement di bidang riset kolaborasi di tataran nasional dan internasional," terang Reini.

Reini menekankan, ITB memang mengalokasikan dana penelitian internal yang signifikan untuk penelitian, tapi ITB juga butuh dukungan dari mitra baik nasional maupun internasional, termasuk Asahi Glass Foundation ini.

"Melalui hibah riset telah memberikan kontribusi langsung dalam peningkatan kapasitas penelitian di ITB. Jadi saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Asahi Glass Foundation selama ini," terangnya.

Chairman of Asahi Glass Foundation, Takuya Shimamura menambahkan, program hibah riset ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia.

Baca juga: Akademisi ITB: Banyak Manfaat Terapi Hutan di Era New Normal

"Saya juga berharap suatu saat dari Indonesia ada yang bisa meraih penghargaan The Blue Planet Prize," pungkas Takuya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com