Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Perkuat Inovasi, Robologee Gelar Graduasi Secara Virtual

Kompas.com - 28/08/2020, 21:38 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi COVID-19 tidak menghalangi momentum Robologee mengadakan prosesi wisuda dan kenaikan kelas secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Minggu (16/8/2020).

“Besar harapan kami bahwa selama belajar di Robologee, Robokids mendapat hal-hal bermanfaat,” ujar Doni Abdilah Siregar dari Academic Section Robologee.

Doni pun berharap lulusannya bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, dan memiliki kreativitas serta berguna untuk masa depan.

Baca juga: Foto-foto Wisuda Online dan Pakai Robot di Jepang

Dalam acara virtual graduasi perdana ini, ada 5 siswa robotik dan 7 siswa coding yang lulus menjalani program. Sementara itu, 14 siswa lainnya naik level program.

“Robologee meyakini, anak adalah subyek dari membangun part robotik dan code block. Proses membangun tersebut memiliki manfaat, seperti menumbuhkan daya imajinasi dan mengasah kreativitas anak,” jelas salah satu perwakilan Academic Officer Robologee, Yulis.

Manfaat Belajar Robotik

Dalam era revolusi industri saat ini, mengkolaborasikan teknologi cyber dengan otomatisasi merupakan hal yang wajar. Sudah sepantasnya bila anak yang memiliki keinginan untuk berkembang di bidang teknologi untuk mulai belajar robotik.

Pasalnya dilansir dari The Tech Edvocate, anak dapat memperoleh beberapa manfaat belajar robotik seperti tiga hal di bawah ini.

1. Meningkatkan Kreativitas

Tidak banyak bidang yang dapat menggabungkan kreativitas dengan teknik dan teknologi, tetapi robotik berhasil menjadi wadahnya. Dengan memperlajari robotik, anak memperoleh kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang nyata dari imajinasinya.

Bila anak memiliki kesempatan untuk membuat sesuatu yang interaktif, tingkat keingintahuannya akan meningkat sehingga lebih sering terlibat dalam sesuatu.

Baca juga: Manfaat Belajar Seni Kriya bagi Anak, Berikut Contoh Kegiatannya 

2. Mengajarkan bagaimana mengubah masalah menjadi inovasi

Pada awalnya, mungkin anak akan merasa kesulitan dalam proses mempelajari cara membuat dan memprogram robot. Namun, robotik mengajarkan bagaimana mengubah masalah atau rasa frustasi menjadi inovasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com