Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kampus Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2020

Kompas.com - 30/07/2020, 14:40 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol, Webometrics telah merilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia.

Tak terkecuali di Indonesia, pada pertengahan 2020 ini Webometrics mengumumkan kampus-kampus mana saja yang menduduki peringkat terbaik.

Pada 2020 ini, Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat teratas sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020.

Baca juga: Versi Webometrics 2020, UB Peringkat 3 Terbaik Indonesia

Peringkat 9 Asia Tenggara

Merangkum akun resmi Instagram UI, Rabu (29/7/2020), Webometrics juga merilis bahwa UI meraih peringkat ke-9 di Asia Tenggara.

Sedangkan di tingkat dunia, UI menduduki peringkat 693. UI dinilai terbaik di dalam membuka akses publikasi ilmiah sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan Internet.

Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sivitas akademika di UI. Sebab, pemeringkatan ini menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia.?
?
Dalam pemeringkatan ini, Webometrics menilai ada empat parameter yakni:

1. Presence

2. Impact

3. Openness

4. Excellence

Diantara parameter-parameter yang digunakan Webometrics, parameter presence berada pada posisi paling baik yaitu peringkat 158. Disusul parameter impact 465, openness 774, dan excellence 1.286.

Universitas Indonesia (UI) adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia.

Baca juga: 4 Prodi Vokasi UI Tawarkan Lulusan Siap Hadapi Industri Kreatif

Disamping itu, UI yang menjadi kampus terbaik Indonesia ini juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com