Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Hal Penting Diperhatikan Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Kompas.com - 31/05/2020, 14:05 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan talkshow mengenai Sosialisasi Prosedur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 secara live di kanal Youtube LTMPT Official, Minggu (31/5/2020) siang.

Pada kesempatan itu menghadirkan tiga narasumber, yakni Prof. Dr. Mohammad Nasih (Ketua Pelaksana LTMPT 2020), Prof. Dr. Budi Prasetyo W (Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT) dan Prof. Arif Djunaidy, Ph.D (Koordinator Bidang Teknologi dan Sistem Informasi LTMPT).

Dalam sambutannya, Prof Nasih menjelaskan mengenai pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: 3 Pesan Ketua LTMPT bagi Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Sebab, UTBK diadakan dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga, pelaksanaannya juga berbeda. Salah satunya untuk UTBK hanya dilaksanakan sekali saja.

"Sekarang kita dihadapkan pada situasi tidak normal. Karena itu berbagai macam proses kita lakukan penyesuaian," ujar Prof Nasih.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof. Dr. Budi Prasetyo W menjelaskan, calon peserta UTBK-SBMPTN 2020 hanya diijinkan maksimal mengambil 1 kali tes.

"Untuk pelaksanaan tes diadakan 4 sesi setiap hari, kecuali hari Jumat hanya 2 sesi saja. Disamping itu, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan," terang Prof Budi.

11 hal perlu diperhatikan

Tak hanya itu saja, Prof Budi juga menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon mahasiswa. Ini sebagai implementasi dari kebijakan LTMPT 2020.

Berikut ini 11 hal yang harus diperhatikan calon mahasiswa:

1. Peserta yang berhak mendaftar UTBK-SBMPTN hanya yang memiliki akun LTMPT.

2. Pendaftaran melalui laman Portal (SSO).

3. Peserta disarankan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing. Jadi, pihaknya akan menjamin tes dimanapun sama. Kecuali, jika ada yang pulang kampung karena covid-19, maka bisa ikut di lokasi terdekat.

4. Peserta hanya diijinkan mendaftar dan mengikuti UTBK 1 kali, maka teliti dan hati-hati sebelum melakukan finalisasi.

5. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan bersamaan, peserta memilih PTN dan Prodi belum mengetahui hasil nilai UTBK.

6. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 menfasilitasi pendaftaran 85 Universitas dan Institut (SN-SB) dan 8 politeknik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com