3 Pesan Ketua LTMPT bagi Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Kompas.com - 31/05/2020, 12:26 WIB
Tangkapan layar kanal Youtube LTMPT, Prof Nasih memberikan sambutan saat talkshow Sosialisasi Prosedur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. DOK.Kanal Youtube LTMPTTangkapan layar kanal Youtube LTMPT, Prof Nasih memberikan sambutan saat talkshow Sosialisasi Prosedur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.
|

KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Prof. Dr. Mohammad Nasih memberikan beberapa pesan bagi calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020.

Hal itu disampaikan Prof Nasih pada talkshow mengenai Sosialisasi Prosedur Pendaftaran UTBK- SBMPTN 2020 yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube LTMPT Official, Minggu (31/5/2020) siang.

Dalam sambutannya, Prof Nasih menjelaskan mengenai pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Siang Ini, LTMPT Gelar Talkshow Prosedur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Sebab, UTBK diadakan dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga, pelaksanaannya juga berbeda. Salah satunya untuk UTBK hanya dilaksanakan sekali saja.

"Sekarang kita dihadapkan pada situasi tidak normal. Karena itu berbagai macam proses kita lakukan penyesuaian," ujar Prof Nasih.

Menurut dia, ada lebih dari 1 juta calon peserta UTBK-SBMPTN 2020. Hanya saja untuk yang lolos seleksi diperkirakan kurang lebih 150 ribuan orang saja.

"Artinya, soal dan hal-hal lainnya kami rancang sedemikian rupa dan tetap pada unsur fairness. Tidak ada peserta UTBK-SBMPTN yang tidak pintar. Hanya saja kami harus mengatur sesuai kriteria yang ada," jelasnya.

3 pesan Ketua Pelaksana LTMPT

Karena itu, Prof Nasih berpesan:

1. Agar calon peserta tetap percaya diri dan berpikir positif. Karena ada beberapa prosedur yang berbeda dibanding tahun sebelumnya.

2. Berkaitan dengan proses UTBK yang bersamaan dengan SBMPTN 2020, maka setelah UTBK nilainya tidak diumumkan terlebih dahulu. Tapi nilai akan dipakai untuk proses SBMPTN.

Secara umum, dia memohon agar calon peserta cermat dalam memilih prodi apakah sudah sesuai dengan kemampuan diri termasuk kesesuaian dengan jurusan di SMA.

Hal ini penting dicermati calon mahasiswa karena hanya mendapatkan satu kesempatan ikut UTBK. Nantinya peserta juga tidak boleh mendaftar lagi dan data tidak bisa diubah lagi.

"Jadi tolong persiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Kami juga berupaya menjaga fairness," ujar Prof Nasih.

Baca juga: Ikut UTBK-SBMPTN 2020? Pahami 8 Hal Ini, Salah Satunya Akun LTMPT

3. Tak hanya itu saja, pada saat pelaksanaan UTBK, Prof Nasih juga berpesan agar semua peserta menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, datang tidak bergerombol dan menjaga jarak.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X