Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia di Urutan Kedua Negara dengan Pengguna Internet yang Paling Banyak Bermain Game

Kompas.com - 30/04/2022, 21:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia termasuk negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Hal itu bisa terjadi lantaran jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa, terbanyak keempat di dunia.

Namun bukan hanya pengguna internet biasa, berdasarkan laporan yang dirilis oleh HootSuite dan media asal Inggris, We Are Social, Indonesia ternyata juga masuk jajaran negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game.

Dalam laporan bertajuk “Digital 2022 April Global Statshot Report” itu, terdapat 44 negara yang masuk dalam kategori “negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game”.

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Kedua yang Warganya Banyak Main Game

Dalam daftar tersebut, Indonesia bahkan berada di urutan kedua. Indonesia hanya kalah dari negara tetangga, Filipina.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa 95,4 persen pengguna internet di Indonesia bermain game di berbagai macam perangkat, mulai dari PC, konsol, VR, hingga platform media streaming.

Jumlah ini kalah dari Filipina yang memiliki persentase mencapai 96,7 persen. Urutan lima besar dalam daftar negara paling banyak bermain video game ini didominasi oleh negara yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Hal ini terlihat dari munculnya nama Vietnam dan Thailand di peringkat keempat dan kelima. Masing-masing dari negara tersebut mengantongi persentase 93 persen dan 92,6 persen.

Turki menjadi satu-satunya negara non-Asia Tenggara yang berada di lima besar. Negara yang beribu kota di Ankara itu memiliki persentase 92,3 persen pengguna internet yang paling banyak bermain video game di beragam jenis perangkat.

Ilustrasi bermain game 

DOK. Shutterstock Ilustrasi bermain game

Baca juga: 5 HP Samsung yang Cocok buat Main Game untuk Mudik Lebaran 2022

Smartphone jadi perangkat game favorit

Data yang terdapat dalam laporan "Digital 2022 April Global Statshot Report" itu dikumpulkan berdasarkan pengguna internet yang berada di rentang usia 16 hingga 64 tahun.

Selain melihat asal negara, laporan tersebut juga menampilkan data perangkat apa yang menjadi favorit pengguna internet untuk bermain game.

Hasilnya, smartphone atau ponsel pintar menjadi perangkat yang paling disukai dengan total persentase mencapai 67 persen.

Disusul oleh PC dan Laptop dengan 37 persen, konsol dengan 25.3 persen, tablet dengan 16,1 persen, konsol hadheld dengan 12,7 persen, media streaming dengan 9,4 persen, dan terakhir VR dengan 8,1 persen.

Dalam laporan yang sama, We Are Social juga mengungkap secara keseluruhan rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna internet dunia untuk bermain game konsol.

Baca juga: Jumlah Pengguna Internet Dunia Tembus 5 Miliar, Online Hampir 7 Jam Sehari

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (28/4/2022), rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu sekitar 1 jam dan 23 menit setiap harinya untuk menikmati permainan di konsol.

Thailand menjadi negara dengan pengguna internet tertinggi yang menghabiskan waktu untuk bermain game. Diperkirakan setiap harinya pengguna internet di Thailand menghabiskan waktu hingga 1 jam dan 56 menit untuk bermain game konsol.

Sedangkan jika dilihat dari jenis kelamin, We Are Social mendapati bahwa pengguna internet pria lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game dibandingkan pengguna internet wanita. Ini berlaku untuk beragam rentang usia.

Secara garis besar, sebanyak 83,3 persen pengguna internet global pernah mencoba memainkan game di beragam jenis perangkat.

(Sumber:Kompas.com/Kevin Rizky Pratama | Editor: Reska K. Nistanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com