Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hindari Macet Saat Mudik Lebaran di Banten, Bisa Lewat Jalan Ini

Kompas.com - 23/04/2022, 08:11 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pemudik atau wisatawan yang berencana menuju atau keluar dari kawasan Banten, ada baiknya untuk mencari jalur alternatif agar tak terjebak macet.

Kemacetan berpotensi terjadi mengingat pemerintah telah kembali mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik pada momentum Lebaran kali ini setelah 2 tahun dikepung pandemi Covid-19.

Destinasi wisata pun akan kembali dibuka bagi para pengunjung selama periode libur Lebaran 2022.

Dengan demikian, lonjakan trafik kendaraan selama periode tersebut kemungkinan besar bakal terjadi.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Rawan Celaka di Jalan Tol Jateng

Seiring kondisi tersebut, Polda Banten juga akan menerapkan ganjil genap dan sistem satu arah atau one way di jalur wisata saat libur Lebaran 2022.

Sehingga, pemilihan jalur perjalanan bagi pemudik maupun wisatawan menjadi hal krusial agar lebih cepat sampai tempat tujuan.

Baik itu tanpa adanya penutupan ruas ataupun menghindari kemacetan di jalan arteri.

Lalu, apa saja tips agar menghindari macet saat mudik di kawasan Banten?

Lewat jalan Tol Serang-Panimbang

Jalan Tol Serang-Panimbang bisa jadi jalur alternatif untuk menghindari macet bagi pemudik atau wisatawan yang hendak menuju ataupun dari kawasan Banten.

Baca juga: Pengelola Tol Serang-Rangkasbitung Prediksi Volume Kendaraan Naik 20 Persen Saat Arus Mudik 2022

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 5 Desember 2021 lalu, Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sudah dapat melayani pengguna jalan.

"Jalan Tol Serang-Panimbang hadir sebagai alternatif perjalanan saat libur lebaran yang dapat digunakan khususnya pemudik atau wisatawan dari ataupun menuju daerah Banten," ujar Direktur Utama PT Wijaya Karya Serang Panimbang, Mulyana, dalam rilis pers, Kamis (21/04/2022).

Ruas tersebut terkoneksi dengan Jalan Tol Tangerang-Merak dan memiliki 3 gerbang tol, yaitu Gerbang Tol Cikeusal, Gerbang Tol Tunjung Teja, dan Gerbang Tol Rangkasbitung.

"Kami harap para pemudik atau wisatawan dapat melakukan perjalanan dari dan ke Banten dengan Aman, Cepat dan Nyaman. Serta selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan, kondisi kesehatan dan tetap mematuhi prokes," kata Mulyana.

Baca juga: Ingin Hindari Macet di Banten saat Mudik? Coba Lewat Jalan Tol Ini

Fasilitas umum pada ruas tol Serang-Panimbang

Sesuai dengan tagline yang diusung Jalan Tol Serang-Panimbang, yaitu Aman, Cepat dan Nyaman untuk Anda, pihaknya telah melakukan program peningkatan pelayanan untuk mudik Lebaran.

Yaitu menyiapkan posko layanan yang berada di kawasan Gerbang Tol Rangkasbitung dengan sejumlah fasilitas umum yang dapat digunakan pengguna jalan.

"Berupa mushola, toilet, dan klinik kesehatan yang disediakan gratis bagi pengguna jalan selama libur lebaran berlangsung," kata Mulyana.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Muhdany Yusuf Laksono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com