Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Ukraina Negara Termiskin di Eropa?

Kompas.com - 27/02/2022, 17:10 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Ukraina mendapatkan serangan operasi militer dari Rusia secara besar-besaran dari darat, laut dan udara sejak Kamis (24/2/2022) lalu.

Selama beberapa hari terakhir, pinggiran ibu kota Kiev diserang pasukan rusia, dan merupakan serangan terbesar terhadap negara lain di Eropa sejak Perang Dunia II.

Ukraina saat ini berada dalam kekhawatiran Barat karena tengah menjadi incaran Rusia mulai dari kedaulatannya hingga perekonomian negara tersebut.

Perbandingan antara Rusia dan Ukraina bagai bumi dan langit. Rusia memiliki segalanya dari lini senjata, personil militer dan kemampuan ekonomi.

Sebaliknya, Ukraina adalah negara termiskin di Eropa dengan pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita yang bahkan masih kalah jauh dari Indonesia.

Lantas, menjadi negara paling miskin di Eropa, seberapa besar PDB per kapita Ukraina?

Dikutip dari data Bank Dunia, PDB per kapita Ukraina adalah sebesar 3.724 dollar AS atau setara dengan Rp 53.380.000 (kurs Rp 14.300).

Baca juga: Seberapa Miskin Ukraina?

Sementara PDB per kita Indonesia terbaru adalah 3.868 dollar AS atau Rp 55.459.000. Jika menggunakan patokan PDB per kapita, Ukraina memang berada di urutan pertama sebagai negara Eropa paling miskin.

Sementara di urutan kedua negara Eropa paling miskin adalah Georgia dengan PDB per kapita sebesar 4.290.

"Ukraina dalam hal PDB per kapita, menjadi negara termiskin di Eropa bersama dengan Moldova, Armenia, dan Georgia," tulis laporan Bank Dunia berjudul "Tapping Ukraine’s Growth Potential".

"Tingkat pertumbuhan ekonomi di Ukraina masih terlalu rendah untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai tingkat pendapatan negara-negara tetangga Eropa," kata dokumen itu.

Bank Dunia mencatat bahwa pada dengan tingkat pertumbuhan beberapa tahun terakhir, Ukraina akan membutuhkan lebih dari 50 tahun untuk mencapai tingkat pendapatan Polandia saat ini.

Biaya hidup terendah di dunia

Namun yang perlu diketahui, meski Ukraina adalah negara paling melarat di Benua Biru dari sisi PDB per kapita, tak berarti banyak masyarakatnya tinggal dalam kemiskinan akut.

Meski berstatus sebagai negara termiskin di Eropa, Ukraina adalah salah satu negara dengan biaya hidup terendah di dunia.

Standar biaya hidup Ukraina jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara Uni Eropa. Hampir semua kebutuhan dasar bisa terpenuhi dengan gaji minimum Ukraina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com