Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepanikan Warga Ukraina Saat Serangan Rusia hingga Ancaman Ketahanan Pangan Global

Kompas.com - 26/02/2022, 08:03 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Kepanikan terjadi setelah invasi Rusia ke Ukraina sejak Kamis (24/2/2022).

Suara ledakan bom terjadi di pinggiran ibu kota Kiev, Ukraina dan bunyi sirine membuat warga berusaha lari menyelematkan diri.

Menurut laporan media lokal, orang-orang di kota itu tampak berlindung di stasiun bawah tanah kota dan tempat-tempat aman.

Selain itu, antrean panjang mobil terjadi dari pusat kota menuju berbagai pintu keluar dari Kiev.

Andrew Simmons dari Al Jazeera melaporkan dari Kiev, dengan mengatakan bahwa tepat setelah pukul 5 pagi waktu setempat (03:00 GMT), hotel tempat dia menginap sedikit bergetar akibat suara ledakan.

“Mereka tidak berada di pusat kota. Mereka berada di kejauhan. Langit menjadi oranye dan merah dan 15 detik kemudian Anda akan mendengar ledakan sehingga awalnya agak jauh. Kemudian semakin dekat dan kami mendengar laporan ledakan di seluruh negeri,” kata Simmons.

Baca juga: Rusia Serang Ukraina, Warga Kiev Panik Melarikan Diri, Serbu ATM, dan Jalanan Macet

Orang-orang panik dan berlarian untuk berlindung

Dia melaporkan, orang-orang awalnya hanya panik dan berlari mencari perlindungan di beberapa tempat dan tersiar kabar dari Presiden Ukraina bahwa Rusia sedang menyerang.

Presiden berkata, 'tolong tetap tenang'. Simmons juga mengatakan bahwa saat ini ada suasana yang sangat menakutkan di pusat kota Kiev.

“Itu karena kami tidak yakin apakah pasukan lapis baja menuju ke arah ini,” tambahnya.

Koresponden outlet berita Ukraina melaporkan bahwa kemacetan lalu lintas terbentuk dari pusat kota Kiev menuju Zhytomyr dan pintu keluar lainnya dari kota pada pukul 6 pagi waktu setempat (04:00 GMT).

Alasan invasi Rusia ke Ukraina

Sejak beberapa hari lalu, Rusia mulai melancarkan serangan militer terhadap Ukraina seperti kekhawatiran Barat selama ini.

Dalam pidatonya, Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan operasi militer khusus terhadap Ukraina, Kamis (24/2/2022).

Rudal-rudal Rusia menghujani kota-kota di Ukraina, erangan ini berdampak ke sejumlah wilayah yang menjadi sasaran serangan Rusia.

Ukraina melaporkan iring-iringan pasukan melintasi perbatasannya ke arah timur wilayah Chernihiv, Kharkiv, dan Luhansk. Pasukan Rusia lainnya tiba dari laut di Odessa dan Mariupol di bagian selatan.

Suara-suara ledakan terdengar sebelum dini hari di Kiev. Baku tembak terjadi di dekat pelabuhan utama dan suara sirene meraung di kota itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com