Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Skuad Indonesia untuk All England 2022, Ada Marcus/Kevin hingga Praveen/Melati

Kompas.com - 05/02/2022, 09:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah merilis nama-nama yang akan mewakili Indonesia di turnamen bulu tangkis All England 2022.

Indonesia menurunkan kekuatan penuh di ajang turnamen bulu tangkis tertua di dunia tersebut. All England 2022 dijadwalkan akan berlangsung dari 16-20 Maret 2022 di Birmingham, Inggris.

Nama-nama yang diturunkan di antaranya pasangan ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo hingga pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Baca juga: All England 2022: Skuad Indonesia Full Team, dari Marcus/Kevin hingga Praveen/Melati

Pasangan terakhir sendiri kini berstatus sebagai pemain profesional dan kembali ke klub lantaran tak lagi dipanggil dalam pelatnas PBSI tahun ini.

Selain kedua pasangan tersebut, ada juga pasangan ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, yakni Gresyia Polli/Apriyani Rahayu. Total ada 22 pemain yang diikutsertakan dalam gelaran All England 2022 ini.

Dari sektor tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sedangkan untuk tunggal putri, PBSI hanya mengirimkan dua wakil yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Ini akan menjadi turnamen All England pertama bagi Putri Kusuma Wardani. Pebulu tangkis berusia 19 tahun itu saat ini berstatus peringkat 76 dunia.

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, saat menghadapi wakil Jepang pada laga ketiga Piala Uber 2020.Badmintonphoto Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, saat menghadapi wakil Jepang pada laga ketiga Piala Uber 2020.

Kemudian di sektor ganda putra, selain Marcus/Kevin, Indonesia menurunkan lima pasangan ganda putra lainnya. Termasuk Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca juga: Update Ranking BWF: Usai Tekuk Ahsan/Hendra, Ganda Putra India Salip Fajar/Rian

Keduanya masih menghuni 10 besar peringkat dunia saat ini, di mana Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di peringkat dua dunia dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di peringkat sembilan dunia.

Selain ketiga pasangan berpengalaman tersebut, PBSI juga mengirimkan tiga pasangan muda, yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Penampilan ketiga ganda putra muda tersebut layak ditunggu kiprahnya pada tahun ini sebab mereka menunjukkan performa cukup meyakinkan pada 2021. Mereka pernah mengalahkan Marcus/Kevin, Ahsan/Hendra, dan Fajar/Rian.

Sementara di sektor ganda putri, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan ditemani oleh pasangan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, serta Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Baca juga: Praveen/Melati Dicoret dari Pelatnas meski Dianggap Nomor Satu, Siap Unjuk Gigi di 2022 bersama PB Djarum

Terakhir di sektor ganda campuran, PBSI menurunkan enam wakil. Selain pasangan Praveen/Melati, di sektor ini ada nama Gloria Emanuelle Widjaja yang kini juga berstatus pemain profesional dan kembali ke klub usai tak lagi dipanggil pelatnas tahun ini. Bukan dengan Hafiz Faizal, kali ini Gloria akan berpasangan dengan Dejan Ferdinansyah.

Pasangan ganda campura Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti saat bertanding di BWF World Tour Finals 2021.Dok. PBSI Pasangan ganda campura Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti saat bertanding di BWF World Tour Finals 2021.

Berikut daftar lengkap skuad Indonesia di All England 2022:

Tunggal putra:

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Shesar Hiren Rhustavito
  4. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal putri:

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Putri Kusuma Wardani

Ganda putra:

  1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
  2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
  3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  4. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
  5. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
  6. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Ganda putri:

  1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu
  2. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah
  3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
  4. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Ganda campuran:

  1. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti
  2. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
  3. Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami
  4. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyan Mentari
  5. Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso
  6. Reihan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

(Sumber:Kompas.com/Farahdilla Puspa | Editor: Tri Indriawati)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com