Ancaman Pidana bagi Rachel Vennya yang Kabur dari Tempat Karantina

Kompas.com - 17/10/2021, 06:40 WIB
Selebgram Rachel Vennya Youtube Volix MediaSelebgram Rachel Vennya

KOMPAS.com - Nama Rachel Vennya menjadi sorotan dalam beberapa terakhir ini. Hal itu lantaran perempuan yang dikenal sebagai selebgram ini kabur dari kewajiban karantina usai pulang dari luar negeri.

Insiden itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin BS. Ia menyebutkan, Rachel Vennya kabur dari karantina karena dibantu oleh oknum anggota TNI yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ditemukan adanya dugaan tindakan nonprosedural oleh oknum anggota Pengamanan Bandara Soetta (TNI) berinisial FS, yang telah mengatur agar selebgram Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri," kata Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin BS dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Kronologi Kaburnya Rachel Vennya, Viral di Twitter hingga Minta Maaf

Saat ini, anggota TNI yang bersangkutan sudah dinonaktifkan, terhitung sejak Kamis (14/10/2021).

"Sudah dinonaktifkan, dari kemarin setelah Panglima acara di Serpong. Yang bersangkutan sudah dinonaktifkan untuk dikembalikan ke kesatuan," kata Herwin di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (15/10/2021).

Lalu bagaimana dengan Rachel Vennya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan Kompas.com Kamis (14/10/2021), ada ancaman pidana bagi setiap orang yang menghindari kewajiban karantina. Hal itu diatur dalam Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan.

Pasal tersebut menyatakan, setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan dan atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000.

Baca juga: Kabur dari Tempat Karantina, Rachel Vennya Terancam Pidana Penjara

Rachel Vennya diperiksa polisi pekan depan

Kasus yang melibatkan Rachel Vennya ini juga turut diusut oleh Polda Metro Jaya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri mengatakan, pihaknya akan segera memanggil Rachel Vennya untuk dimintai keterangan.

“Iya (tetap diusut), ini kan segera dipanggil yang bersangkutan," kata Yusri saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/10/2021).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.