Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Aroma yang Dibenci Kucing, Salah Satunya Kopi

KOMPAS.com - Berbagai aroma yang tidak disukai kucing perlu diketahui, terutama oleh orang yang memelihara hewan berbulu tersebut.

Sama seperti manusia, kucing pun tidak suka terhadap sejumlah aroma. Dengan indra penciuman yang sangat sensitif, kucing dapat menghindar atau menunjukkan perilaku lainnya ketika mencium aroma yang dibencinya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (24/5/2022), berikut ini 12 aroma yang tidak disukai kucing, seperti yang dilansir dari Love to Know.

1. Kotak pasir yang kotor

Salah satu aroma yang paling dibenci kucing adalah kotak pasir yang kotor. Kotak pasir yang sudah lama tidak dibersihkan dapat membuat kucing menghindar dan enggan menggunakannya.

Jika sudah begitu, kucing pun lebih memilih membuang kotoran sembarangan. Oleh sebab itu, pastikan membersihkan kotak pasir kucing peliharaan secara rutin.

2. Aroma kucing lain

Kucing memang tidak masalah dengan aroma kucing lain yang telah dikenalnya, namun tidak dengan aroma kucing baru di rumah.

Aroma kucing lain yang baru dikenalnya bisa membuat kucing gelisah, bahkan dapat membuat kucing lama buang air kecil di berbagai sudut rumah untuk menandakan area tersebut adalah daerah kekuasaannya.

3. Ikan busuk

Bau ikan busuk merupakan salah satu aroma yang tidak disukai kucing. Jangan menyodorkan ikan atau daging yang sudah basi, karena kucing tidak akan menyukai apalagi memakannya.

4. Buah dan sayuran tertentu

Sejumlah buah dan sayuran memiliki aroma yang harum, namun tidak semuanya disukai kucing. Tomat, bawang merah, dan bawang putih adalah beberapa aroma yang dapat membuat sistem penciuman kucing terganggu.

5. Pisang

Kucing sangat tidak menyukai bau pisang karena etil asetat yang terdapat dalam kulit pisang.

Oleh karena itu, pisang bisa dimanfaatkan untuk mencegah kucing menggaruk atau mencakar furnitur di rumah dengan cara menggosokkan kulit pisang pada perabotan.

6. Buah jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang aromanya tidak disukai kucing, sehingga furnitur yang telah disemprot dengan cairan beraroma jeruk tidak akan didekati kucing.

7. Mint segar

Mint memiliki aroma yang dihindari kucing. Hewan berbulu itu tidak menyukai aroma mint dalam bentuk apa pun, termasuk mentol.

Aroma mint sangat mengganggu indra penciuman kucing dan bisa menjadi racun bila tak sengaja menelan larutan mint.

8. Produk pembersih rumah tangga

Selain berbahaya jika tertelan, kucing tidak menyukai aroma dari pembersih rumah tangga, termasuk sabun dan penyegar udara.

Bahan kimia dalam pembersih terlalu kuat untuk hidung kucing, sehingga hewan berbulu itu akan menghindari area rumah yang telah disemprotkan larutan pembersih.

Itulah alasannya, menggunakan pembersih beraroma lembut sangat penting untuk membersihkan kotak pasir kucing peliharaan.

9. Cabai

Kucing bukan hanya tidak menyukai makanan pedas, tetapi juga segala sesuatu yang beraroma pedas dan menyengat. Oleh sebab itu, kucing tidak menyukai aroma cabai.

Jika memelihara kucing di rumah, jauhkan cabai dalam bentuk apa pun dari jangkauan kucing, baik utuh, saus, maupun cabai giling.

10. Lavender

Meski memiliki tampilan yang indah, bunga lavender tidak menarik bagi kucing. Oleh sebab itu, pemilik rumah bisa menggunakan lavender untuk mencegah kucing bermain di area yang tidak seharusnya, seperti dapur.

Akan tetapi, pastikan tidak menyemprot area rumah dengan larutan lavender terlalu banyak, sebab bisa menjadi racun bagi kucing.

11. Kopi

Kucing secara naluriah akan mengangkat hidungnya saat mencium aroma kopi, baik itu dalam bentuk bubuk, biji, maupun kopi yang baru diseduh.

Selain tidak menyukai aromanya, kopi juga beracun bagi kucing. Kopi bisa berefek buruk bagi kucing yang tak sengaja menelannya, seperti muntah dan kejang-kejang.

12. Cuka

Aroma asam yang kuat pada cuka sangat dibenci kucing. Meski tidak beracun, aroma cuka yang menyengat akan membuat sebagian besar kucing akan menjauh.

(Penulis: Aniza Pratiwi | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/05/28/214500281/12-aroma-yang-dibenci-kucing-salah-satunya-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke