Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Susah Tidur? Ini Cara Agar Bisa Cepat Tidur Nyenyak

Bahkan Jika terus-menerus kurang tidur, bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, hingga stroke.

Untuk itu, penting bagi kita menjaga kualitas tidur. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami gejala insomnia atau susah tidur cepat.

Akibatnya, mereka yang mengalami masalah susah tidur menjadi terjaga sepanjang malam hingga menyebabkan aktivitas di esok hari terganggu.

Padahal menurut Sleep Foundation, tidur umumnya hanya membutuhkan waktu 10 menit. Lebih dari itu, dianggap terlalu lama tertidur dan merupakan gejala insomnia.

Namun, bagi Anda yang sering kali mengalami masalah susah tidur, tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara sederhana yang ampuh agar bisa cepat tidur nyenyak.

Cara agar bisa cepat tidur nyenyak

Melansir Healthline (10/5/2020), untuk membantu tidur lebih cepat, ada sejumlah metode yang bisa dilakukan. Cara ini tidaklah sulit, bahkan ada yang hanya membutuhkan waktu 10 hingga 60 detik. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Metode militer

Metode ini dikembangkan untuk membantu masalah kurang tidur yang kerap di alami oleh anggota militer. Sebab sering kali anggota militer memiliki jadwal tidur yang tidak konsisten.

Cara ini bisa membantu para tentara mencapai tidur hanya dalam waktu 10-30 detik. Untuk mencobanya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

2. Teknik pernapasan 4-7-8

Cara tidur cepat berikutnya adalah dengan menggunakan teknik pernapasan. Metode ini diciptakan oleh profesor asal University of Arizona, Andrew Weil.

Teknik pernapasan 4-7-8 tercipta dari teknik pengendalian napas pranayama yang umum di olahraga yoga.

Teknik pernapasan ini bisa membantu seseorang terlelap dalam kurun waktu 60 detik. Namun bagi pemula, kemungkinan akan butuh waktu sedikit lebih lama hingga 120 detik atau 2 menit.

Simak langkah teknik pernapasan 4-7-8 berikut:

Membiasakan diri untuk cepat tidur dan nyenyak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sering mengalami masalah susah tidur cepat dan nyenyak. Di antaranya, menurut Sleep Foundation, adalah gaya hidup dan rutinitas.

Karena itu untuk membiasakan diri agar bisa mudah atau cepat tidur, Anda perlu memperhatikan lagi gaya hidup yang Anda jalani sehari-hari. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsisten terhadap waktu tidur dan bangun tidur.
  • Kurangi asupan kafein, nikotin, dan alkohol.
  • Hindari perangkat elektronik menjelang waktu tidur.
  • Utamakan kamar dalam keadaan gelap, sejuk, serta bebas dari gangguan saat hendak tidur.
  • Jangan tidur siang lebih dari 30 menit dan hindari tidur di sore hari.
  • Gunakan kasur hanya untuk tidur.
  • Jika masih kesulitan tidur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu mengidentifikasi masalah dan menyarankan terapi atau perawatan yang dibutuhkan.

(Sumber:Kompas.com/Diva Lufiana Putri | Editor: Sari Hardiyanto)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/05/21/092000481/sering-susah-tidur-ini-cara-agar-bisa-cepat-tidur-nyenyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke