Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Seragam Satpam Mirip Seragam Polisi?

KOMPAS.com - Satuan Pengamanan atau satpam saat ini menggunakan seragam yang mirip dengan seragam yang dikenakan oleh polisi.

Seragam satpam terdiri dari baju atasan berwarna cokelat muda, sedangkan celananya berwarna cokelat tua. Selain itu, seragam satpam pun dilengkapi tanda kepangkatan dari kain dan logam yang dipasang di pundak kanan dan kiri.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (1/10/2021), kebijakan tentang seragam baru satpam ini telah sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Alasan seragam satpam mirip seragam polisi

Sesuai dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, seragam terbaru satpam, baik pria maupun wanita, yaitu baju atasan cokelat muda dan bawahan cokelat tua.

Sementara itu, tingkatan tanda pangkat pelaksana adalah segitiga satu buah, pelaksana madya dengan segitiga dua buah, dan pelaksana utama dengan segitiga tiga buah.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada 15 September 2020, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri saat itu, yakni Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengungkapkan beberapa alasan perubahan seragam satpam.

Alasan perubahan seragam satpam itu adalah untuk menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesinya serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ujar Awi.

Makna seragam satpam yang baru

Awi mengatakan, warna cokelat adalah warna netral yang identik dengan warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu.

Selain itu, warna cokelat juga melambangkan bersahaja, kehangatan, kejujuran, dan keanggunan.

Dengan penerbitan peraturan seragam baru satpam itu, Polri akan menindak oknum yang menyalahgunakan seragam anggota satpam.

"Kalau masalah rawan pemalsuan dan penyalahgunaan, tentunya kita proses sesuai peraturan perundang-undangan," ucapnya.

Dalam aturan tersebut juga disebutkan bahwa jenis seragam satpam kini bertambah dari empat menjadi lima macam.

Kelima jenis seragam satpam itu adalah PDH, Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

(Penulis: Ahmad Naufal Dzulfaroh | Editor: Sari Hardiyanto)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/10/11/204000581/kenapa-seragam-satpam-mirip-seragam-polisi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke