Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Gelar Diskon Tarif Tol 20 Persen pada Arus Balik Lebaran 2024, Simak Jadwalnya

Kompas.com - 13/04/2024, 15:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Jasa Marga mengadakan potongan atau diskon tarif Tol Trans Jawa untuk periode arus balik Lebaran 2024 sebesar 20 persen.

Hal itu diketahui dari unggahan akun Instagram Jasa Marga @official.jasamarga pada Jumat (12/4/2024).

Jasa Marga kembali memberlakukan potongan tarif tol 20% untuk semua golongan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik dari Semarang menuju Jakarta,” bunyi keterangan dalam unggahan.

Diketahui sebelumnya, di arus mudik Lebaran 2024 Jasa Marga juga mengadakan diskon tarif tol pada 3-5 April 2024.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, tujuan pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk mendistribusikan lalu lintas agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu saat pergerakan arus balik mulai meningkat.

Diperkirakan, lalu lintas arus balik mulai meningkat pada H+2 sampai dengan H+4 Lebaran, atau Sabtu (13/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).

“Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang sampai dengan Jakarta,” ucap Faiza melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/4/2024).

Baca juga: Cara Mencegah Pecah Ban Mobil di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

Jadwal diskon tarif tol arus balik Lebaran

Adapun diskon tarif Trans Jawa akan berlaku mulai Rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB sampai dengan Jumat (19/4/2024) pukul 05.00 WIB.

Faiza menuturkan, tarif diskon tol 20 persen tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang menuju Jakarta.

Dalam artian, diskon tersebut hanya berlaku bagi pengguna jalan tol yang melakukan tap in dari gerbang tol (GT) Kalikangkung dan tap out di GT Cikampek Utama.

Ia menambahkan, diskon ini hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll).

Kemudian, diskon tarif tol tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo e-toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

Oleh karena itu, pastikan pengguna jalan tol memiliki saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I.

"Untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group di antaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang, dan Semarang Seksi ABC, serta jalan tol Non Jasa Marga Group di antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pemalang-Batang,” kata Faiza.

Pemberlakuan diskon tarif tol arus mudik Lebaran akan dihitung pada saat melakukan tap out di GT Cikampek Utama sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan.

Sehingga potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB.

Maka dari itu, kata Faiza, pihaknya mengimbau untuk mempersiapkan waktu perjalanan sebaik mungkin agar dapat memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 20 persen tersebut.

Baca juga: Viral, Video Polisi Bermotor Step Mobil Pemudik Mogok di Tol Cipali

Ilustrasi Jalan Tol Trans Jawa.Dok. PT Jasa Marga Ilustrasi Jalan Tol Trans Jawa.
Besaran tarif tol setelah didiskon

Berikut rincian besaran tarif tol setelah mendapatkan diskon sebesar 20 persen untuk arus balik Lebaran 2024:

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp 421.500 menjadi Rp 337.200, potongan tarif sebesar Rp 84.300
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 649.500 menjadi Rp 519.600, potongan tarif sebesar Rp 129.900
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 856.500 menjadi Rp 685.200, potongan tarif sebesar Rp 171.300.

Baca juga: 7 Cara Cek Tarif Tol untuk Persiapan Mudik Lebaran 2024

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com