Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Negara Timur Tengah yang Sudah Tetapkan Lebaran 10 April 2024, Ada Arab Saudi dan Mesir

Kompas.com - 09/04/2024, 18:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah negara di Timur Tengah telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu (10/4/2024).

Penetapan tersebut didasarkan pada pengamatan hilal yang telah dilakukan otoritas masing-masing negara pada Senin (8/4/2024).

Sementara di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu hasil sidang isbat yang bakal digelar, Selasa (9/4/2024) petang.

"Jadi kapan Hari Raya Idul Fitri, kita masih menunggu keputusan sidang isbat. Hasilnya akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, dilansir dari laman Kemenag,

Kendati demikian, Pimpinan Pusat Muhammadiyah lebih dulu menetapkan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri pada Rabu (10/4/2024).

Baca juga: Pantau Hilal Hari Ini, Kapan Idul Fitri di Arab Saudi?

Negara yang tetapkan Idul Fitri 10 April 2024

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut negara di Timur Tengah yang telah menetapkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada Rabu (10/4/2024):

1. Arab Saudi

Arab Saudi mengumumkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada Rabu. Keputusan itu didasarkan pada hasil pengamatan hilal pada Senin yang tidak terlihat.

Dengan begitu, puasa Ramadhan di Arab Saudi digenapkan menjadi 30 hari.

Dilansir dari Arab News, Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi Syekh Abdullatif Al-Asheikh telah menerbitkan pedoman untuk melaksanakan shalat Idul Fitri yang dilakukan pada Rabu (10/4/2024) pagi.

Mengacu pedoman tersebut, shalat Idul Fitri digelar di ruang terbuka serta di semua masjid kecuali yang berdekatan dengan tempat shalat.

Baca juga: Kena Lebaran Surcharge Jelang Idul Fitri, Bolehkah Menolak Membayar?

2. Mesir

Sama dengan Arab Saudi, Pemerintah Mesir juga menetapkan Idul Fitri 1445 H pada Rabu, berdasarkan keputusan Lembaga Fatwa negara itu.

"Hari raya Idul Fitri bagi umat Islam akan dimulai di Mesir pada hari Rabu," tulis Lembaga Fatwa Mesir, dilansir dari Ahram Online.

Hari pertama Idul Fitri yang diperingati pada 1 Syawal menurut penanggalan Hijriah Islam didasarkan pada perhitungan bulan yang bervariasi antara 29-30 hari bergantung pada penampakan hilal.

Adapun penampakan hilal di Mesir, telah dilakukan pada Senin yang bertepatan dengan hari ke-29 Ramadhan.

Baca juga: Cara Cek Potensi Bencana dari BNPB Selama Mudik dan Libur Lebaran 2024

3. Qatar

Komite Rukyatul Hilal di Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan, Ramadhan terakhir jatuh pada Selasa.

Keputusan itu mengacu pada hasil pengamatan hilal yang tidak terlihat pada Senin malam.

"Dengan demikian, Selasa, 9 April 2024 akan menjadi hari terakhir Ramadhan dan Rabu, 10 April 2024 akan menjadi hari pertama Idul Fitri yang penuh berkah," tulis Komite Rukyatul Hilal, dilansir dari Qatar News Agency.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

Komite Pengamatan Hilal di Uni Emirat Arab (UEA) yang terdiri dari para astronom, pejabat pengadilan, dan penasihat dari otoritas Islam setempat mengumumkan, Idul Fitri 1445 H jatuh pada Rabu, dilansir dari The National News.

Penetapan itu mengacu pada hasil pengamatan hilal yang tidak terlihat pada Senin. Dengan begitu, Selasa bakal menjadi hari ke-30 sekaligus hari terakhir Ramadhan 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com