Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepak Terjang Mayor Teddy, Ajudan Prabowo yang Dulu Jadi Asisten Ajudan Jokowi

Kompas.com - 16/02/2024, 14:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajudan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto, Mayor Teddy Indra Wijaya kembali menjadi sorotan publik.

Hal tersebut terjadi setelah ia mendapat ucapan terima kasih dari Prabowo karena sudah menemaninya selama masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ucapan terima kasih disampaikan Prabowo dalam pidatonya di Istora, Senayan, Jakarta pada Rabu (14/2/2024) malam usai ia dinyatakan unggul sementara dalam pilpres menurut hasil quick count sejumlah lembaga survei.

Mayor Teddy yang mendapat ucapan terima kasih dari Prabowo lantas berdiri di pinggir panggung sambil memberikan hormat.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada anak-anak muda yang merupakan tim pendukung saya, yang merupakan tim inti kunci bagi saya, saya ucapkan terima kasih kepada anak saya Mas Didit, kemudian ajudan saya Mayor Teddy," ujar Prabowo sebagaimana dikutip dari Kompas TV, Rabu.

Sebelumnya, sosok Mayor Teddy juga menjadi sorotan publik usai aksinya menggendong perempuan yang pingsan dalam kampanye akbar Prabowo-Gibran di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (10/2/2024), viral di media sosial.

Baca juga: Unggul di Quick Count, Ini Sederet Janji Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Lantas, siapakah sosok Mayor Teddy?

Profil Mayor Teddy

Dilansir dari Kompas.com, Senin (18/11/2023), Mayor Teddy adalah ajudan Prabowo yang berasal dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Ia pernah mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah dan Akademi Militer (Akmil). Mayor Teddy lulus dari Akmil pada 2011.

Selama berkarier di militer, kiprah Mayor Teddy terbilang cemerlang karena ia pernah ditunjuk sebagai ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014-2019 ketika masih berpangkat Letnan Satu (Lettu).

Mayor Teddy kemudian melanjutkan pendidikan militernya di AS dan ia mampu menorehkan prestasi cemerlang.

Baca juga: Prabowo-Gibran Unggul Sementara, Adakah Potensi Perbedaan Hasil Quick Count dan Real Count?

Salah satu prestasi yang pernah diraih oleh Mayor Teddy adalah tab ranger yang menunjukkan bahwa ia memenuhi kualifikasi sebagai pasukan elite Angkatan darat AS atau US Army Ranger School.

Adapun, Ranger School adalah program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat AS yang menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75.

Tak hanya itu, Mayor Teddy juga pernah menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, AS

Torehan tersebut ia peroleh setelah meraih predikat International Honor Graduate di antara 185 perwira siswa, yang terdiri dari 171 perwira AS dan 14 perwira asing.

Baca juga: Begini Kata Anies, Prabowo, dan Ganjar Menanggapi Hasil Quick Count Pilpres 2024

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com