Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bintang Terdekat dan Terjauh dari Bumi

Kompas.com - 31/10/2023, 14:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Bintang adalah benda langit yang mampu memancarkan cahaya dan memproduksi energi sendiri.

Bintang menjadi objek astronomi yang paling dikenal luas, dan mewakili unsur penyusun galaksi yang paling mendasar.

Ia juga diketahui bertanggung jawab atas pembuatan dan distribusi unsur-unsur berat seperti karbon, nitrogen, dan oksigen.

Dikutip dari laman Britannica, bintang merupakan benda langit masif yang terbuat dari gas dan bersinar melalui radiasi yang berasal dari sumber energi internalnya.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Oktober 2023, Bisakah Dilihat di Indonesia?


Dari puluhan miliar triliun bintang yang menyusun alam semesta, hanya sebagian kecil yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

Banyak bintang muncul dengan berpasangan, tergabung dalam banyak sistem, atau gugus bintang.

Anggota kelompok bintang tersebut secara fisik terkait melalui asal usul yang sama dan terikat oleh tarikan gravitasi timbal balik.

Gugus bintang adalah asosiasi bintang, terdiri dari kelompok-kelompok bintang yang mirip secara fisik dan tidak memiliki massa yang cukup sebagai sebuah kelompok.

Sejauh ini, bintang katai merah (red dwarfs) adalah yang paling umum di galaksi Bima Sakti, meskipun ukurannya sangat kecil dan redup.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Matahari, Apa Saja?

Bintang terdekat dan terjauh

Ilustrasi bintang-bintang yang paling dekat dengan matahari.Wikimedia/NASA/Penn State University Ilustrasi bintang-bintang yang paling dekat dengan matahari.

Secara teknis, bintang terdekat dari bumi adalah Matahari. Namun, jika ia tidak dimasukkan dalam daftar, bintang paling dekat dengan bumi adalah sistem bintang Alpha Centauri.

Dilansir dari laman Space.com, Alpha Centauri adalah sistem bintang dengan komponen tiga bintang yang berjarak 4,2 hingga 4,4 tahun cahaya dari Bumi.

Ini adalah sistem bintang terdekat dengan tata surya, dan salah satu bintangnya adalah bintang terdekat dengan planet bumi selain Matahari.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Angin Matahari? Simak Penjelasan Berikut

Tiga bintang dalam sistem tersebut adalah Proxima Centauri, Alpha Centauri A, dan Alpha Centauri B. Proxima Centauri adalah yang terdekat dengan bumi, sekitar 4,24 tahun cahaya.

Sebagai referensi, satu tahun cahaya kira-kira setara dengan 9,46 triliun kilometer. Dan matahari hanya berjarak sekitar 149 juta kilometer.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com