Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Kutipan Terkenal Benjamin Franklin, Tokoh Ternama Sepanjang Sejarah AS

Kompas.com - 04/10/2023, 21:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Benjamin Franklin merupakan salah satu tokoh terkemuka dalam sejarah Amerika Serikat.

Ia adalah seorang negarawan, penulis, penerbit, ilmuwan, penemu, dan diplomat.

Dikutip dari History, Franklin terlahir dalam keluarga sederhana di Boston pada 1706. Karena itu, ia hanya memiliki sedikit pendidikan formal.

Franklin kemudian memulai bisnis percetakan yang sukses di Philadelphia dan menjadi kaya raya.

Selain dalam dunia bisnis, ia juga sangat aktif dalam urusan publik di kotanya, membantu meluncurkan perpustakaan, rumah sakit, dan perguruan tinggi.

Selama Revolusi Amerika, Franklin bertugas di Kongres Kontinental Kedua dan membantu menyusun Deklarasi Kemerdekaan pada 1776.

Ia juga merundingkan Perjanjian Paris pada 1783 yang mengakhiri Perang Revolusi (1775-83).

Baca juga: 20 Kutipan Terkenal Itachi Uchiha, Bisa Dibagikan di Media Sosial

Pada 1787, dalam tindakan penting terakhirnya dalam pelayanan publik, ia menjadi delegasi konvensi yang menghasilkan Konstitusi AS.

Konstitusi AS diratifikasi oleh sembilan negara bagian pada bulan Juni 1788 dan melantik George Washington (1732-99) sebagai presiden pertama Amerika pada April 1789.

Franklin meninggal setahun kemudian di usia 84, pada 17 April 1790, di Philadelphia.

Dalam wasiatnya, ia mewariskan uang kepada Boston dan Philadelphia. Uang itu digunakan untuk mendirikan sekolah perdagangan, museum sains, serta mendanai beasiswa dan proyek komunitas lainnya.

Berikut 25 kutipan terkenal Benjamin Franklin, dikutip dari Everyday Power:

Baca juga: 15 Kutipan Terkenal The Iron Lady Margaret Thatcher, Perdana Menteri Perempuan Pertama di Eropa

  1. He that can have patience can have what he will (Dia yang bisa bersabar bisa mendapatkan apa yang dia inginkan).
  2. Honesty is the best policy (Kejujuran adalah kebijakan terbaik).
  3. If a man could have half of his wishes, he would double his troubles (Jika seseorang dapat memiliki setengah dari keinginannya, dia akan melipatgandakan masalahnya).
  4. Energy and persistence conquer all things (Energi dan kegigihan menaklukkan semua hal)
  5. Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise (Tidur lebih awal dan bangun lebih awal membuat seseorang menjadi sehat, kaya, dan bijaksana).
  6. By failing to prepare, you are preparing to fail (Dengan gagal mempersiapkan diri, Anda bersiap untuk gagal).
  7. Do not anticipate trouble, or worry about what may never happen. Keep in the sunlight (Jangan mengantisipasi masalah atau mengkhawatirkan hal yang mungkin tidak akan pernah terjadi. Simpan di bawah sinar matahari).
  8. Security without liberty is called prison (Keamanan tanpa kebebasan disebut penjara).
  9. Tell me and I forget, teach me and I may remember, involve me and I learn (Beritahu saya dan saya lupa, ajari saya dan saya bisa ingat, libatkan saya dan saya belajar).
  10. Either write something worth reading or do something worth writing (Tulislah sesuatu yang layak dibaca atau lakukan sesuatu yang layak ditulis).
  11. I didn’t fail the test, I just found 100 ways to do it wrong (Saya tidak gagal dalam ujian, saya hanya menemukan 100 cara untuk melakukan kesalahan).
  12. An investment in knowledge pays the best interest (Investasi dalam pengetahuan akan memberikan hasil yang terbaik).
  13. Genius without education is like silver in the mine (Kejeniusan tanpa pendidikan adalah seperti perak di dalam tambang).
  14. Being ignorant is not so much a shame, as being unwilling to learn (Tidak tahu apa-apa bukanlah hal yang memalukan, melainkan karena tidak mau belajar).
  15. The only thing that is more expensive than education is ignorance (Satu-satunya hal yang lebih mahal daripada pendidikan adalah ketidaktahuan).
  16. Beware of little expenses. A small leak will sink a great ship (Berhati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Kebocoran kecil akan menenggelamkan kapal besar).
  17. Well done is better than well said (Melakukan dengan baik lebih baik daripada mengatakan dengan baik).
  18. Never confuse motion with action (Jangan pernah mencampuradukkan antara gerakan dengan tindakan).
  19. We are all born ignorant, but one must work hard to remain stupid (Kita semua terlahir dalam keadaan bodoh, tapi kita harus bekerja keras untuk tetap bodoh).
  20. When you’re testing to see how deep water is, never use two feet (Saat Anda menguji untuk melihat seberapa dalam air, jangan pernah menggunakan dua kaki).
  21. To succeed, jump as quickly at opportunities as you do at conclusions (Untuk berhasil, lompatlah secepat mungkin pada peluang seperti yang Anda lakukan pada kesimpulan).
  22. To find out a girl’s faults, praise her to her girlfriends (Untuk mengetahui kesalahan seorang gadis, pujilah dia di depan teman-temannya).
  23. One today is worth two tomorrows (Satu hari ini bernilai dua hari esok).
  24. A false friend and a shadow attend only while the sun shines (Teman palsu dan bayangan hanya hadir saat matahari bersinar).
  25. To lengthen thy life, lessen thy meals (Untuk memperpanjang hidupmu, kurangi makananmu).

Baca juga: 20 Kutipan Terkenal Malcolm X, Pejuang Hak Sipil Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com