Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Tidur Sore Menyebabkan Mimpi Aneh, Benarkah?

Kompas.com - 04/10/2023, 18:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidur adalah salah satu bentuk istirahat terbaik untuk mengembalikan energi dan tenaga yang hilang setelah seharian beraktivitas.

Untuk itu, selain pada malam hari, tak jarang orang akan tidur saat mereka memiliki waktu luang, seperti saat jam istirahat kerja pada siang hari ataupun sore hari.

Namun, salah seorang warganet di media sosial X (Twitter) mengeluhkan dirinya justru bermimpi aneh ketika tidur pada sore hari.

"Tidur abis ashar, tidur di jam 6-9 pagi, dan tidur pas lagi sakit pasti mimpinya selalu aneh-aneh Kalian ngerasa gitu juga ga guys?" tulis pemilik akun @martabakismissu.

Lantas, benarkah tidur pada pukul 3-6 sore membuat seseorang mengalami mimpi aneh?

Baca juga: Bangun Tidur Tidak Merasa Segar tapi Justru Pegal-pegal dan Lelah, Apa Penyebabnya?


Penjelasan pakar 

Praktisi Kesehatan Tidur dan Konsultan Utama Snoring & Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran dr Andreas Prasadja mengatakan, tidur pada sore hari, seperti pukul 15.00 hingga 18.00 tidak ada hubungannya dengan mimpi aneh ataupun rasa lelah ketika bangun.

"Jadi gini, tidur siang kalau pada orang dewasa sebenarnya tidak bisa lama-lama. Mungkin hanya setengah jam," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

Akan tetapi, untuk orang dewasa muda atau mereka yang masih berusia 20 tahunan akan membutuhkan waktu tidur yang lebih lama, sekitar  2-3 jam pada siang hari.

Kemudian, apabila seseorang setelah bangun tidur masih merasa lelah, hal ini disebabkan masih kurangnya waktu tidur.

"Hal itu karena siklus tidur seseorang di siang hari itu pendek, hanya sekitar 20 menit," ujar Andreas.

Baca juga: Beberapa Bahaya Tidur dengan Kucing Kesayangan, Apa Saja?

Selain itu, dalam sekali tidur pada waktu itu juga sudah dihitung satu siklus rata tidur ringan, sedang, dalam, dan mimpi. Sedangkan pada malam hari, siklus tidur adalah dua jam.

"Ya tentu saja kalau kita tidur siang hanya setengah-satu jam, padahal kita punya utang tidur yang banyak. Misal, sehari-hari hanya tidur 5-6, padahal kebutuhan tidur kita 8 jam, berarti kurang 2-3 jam. Sedangkan kita mau balas dendam dengan tidur di siang hari tidak bisa karena siang hari siklus tidurnya 15-20 menit," jelas Andreas.

"Jadi kapan lunasnya? Ya tidak akan lunas. Makanya pada saat bangun kita masih merasa lelah karena memang masih kurang tidur. Selain itu, utang tidur sulit untuk dilunasi dan tidak bakal lunas," sambungnya.

Baca juga: Bangun Tidur Tidak Merasa Segar tapi Justru Pegal-pegal dan Lelah, Apa Penyebabnya?

Mengapa sering bermimpi aneh saat tidur di sore hari?

Andreas mengatakan, seseorang yang sering kali bermimpi aneh, baik itu pada saat tidur sore ataupun malam hari sebenarnya bisa disebabkan karena kurang tidur.

"Kalau kita kurang tidur dan kurang tidurnya cukup ekstrem, otak kita secara otomatis saat memiliki kesempatan untuk tidur siang atau sore justru jadi balas dendam. Itulah mengapa mimpinya jadi banyak saat tidur di jam-jam tersebut," terangnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com