Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Suka Berada di Tempat Tinggi? Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 27/06/2023, 16:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing termasuk salah satu hewan yang suka melakukan tingkah konyol atau hal-hal aneh yang tidak dimengerti manusia. Misalnya, mereka suka berada di tempat yang tinggi.

Jika Anda memiliki kucing peliharaan, tentu pernah menemukan bertengger di atas lemari, kulkas, rak buku, atau tempat tinggi lainnya yang ada di rumah Anda.

Baca juga: 5 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing, Apa Saja?

Bagi sebagian orang, perilaku tersebut terlihat aneh. Namun ternyata, bertengger dari tempat tinggi adalah perilaku yang sangat umum dan instingtual bagi kucing peliharaan.

Mengapa demikian? berikut penjelasan lengkapnya.

Alasan kucing suka tempat yang tinggi

Dilansir dari the Spruce Pets, kucing memiliki kebutuhan instingtual untuk mengamati dunianya ketinggian karena mereka adalah pemangsa bagi hewan kecil dan target bagi hewan yang lebih besar.

Titik pandang yang lebih tinggi dapat memberi kucing pandangan yang lebih baik tentang mangsa potensial, tetapi juga memberi mereka perlindungan dari hewan yang lebih besar.

Hal itu juga memungkinkan mereka melihat predator datang. Nenek moyang kucing berasal dari hutan rimba, daun dan dahan pohon juga menawarkan beberapa kamuflase dari predator.

Baca juga: Begini Cara Kucing Memilih Orang yang Mereka Sukai

Dapat dikatakan bahwa sebagian besar kucing peliharaan bukanlah pemburu yang sering mencari hewan buruan, mereka juga tidak diburu oleh predator.

Namun, kegemaran mereka untuk bertengger di tempat tinggi merupakan naluri dan tertanam kuat dalam susunan biologis dan evolusioner mereka.

Selain itu, di rumah yang memiliki banyak kucing dewasa, berada di titik tertinggi sebenarnya bisa menjadi simbol status.

Kucing dengan titik pandang "terbaik" biasanya dianggap sebagai kucing dominan.

Baca juga: Sering Dianggap Pembawa Sial, Berikut 7 Fakta Unik tentang Kucing Hitam

Perilaku aneh yang sering dilakukan kucing

ilustrasi kebiasaan aneh yang sering dilakukan kucing, salah satunya adalah masuk dalam kardus.Freepik/wirestock ilustrasi kebiasaan aneh yang sering dilakukan kucing, salah satunya adalah masuk dalam kardus.

Selain suka bertengger di tempat-tempat tinggi, kucing juga memiliki sejumlah kebiasaan yang mungkin tidak dimengerti oleh manusia.

Dilansir dari Trusted House Sitter, berikut beberapa perilaku aneh yang sering dilakukan kucing:

1. Berguling

Beberapa tingkah laku kucing yang tampak aneh adalah mereka menjatuhkan diri ke tanah, berguling dan merentangkan anggota tubuh mereka ke segala arah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com