Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Berjatuhan Saat Hendak Menerobos Pelintasan Rel, KAI Koordinasikan ke Pihak Berwajib

Kompas.com - 11/04/2023, 14:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video yang merekam sejumlah pengendara motor berebutan menyeberang pelintasan rel kereta api yang sudah tertutup palang, viral di media sosial.

Diunggah oleh akun Instagram ini, Senin (10/4/2023), video diambil di pelintasan Cikampek dari dalam sebuah mobil yang tengah menunggu kereta api melintas.

Tampak dalam video, di tengah suara sirene, beberapa pengendara motor mencoba menerabas pelintasan rel kereta api yang sudah tertutup.

Sejumlah pengendara motor berhasil melewati pelintasan dengan mulus, tetapi ada pula dua pengendara yang terjatuh di tengah-tengah rel kereta.

Bahkan, satu pengendara berbaju hitam terjatuh dan terpaksa mendorong mundur motornya karena kereta api semakin mendekat.

"Kalau udah titut titut kita nggak dengar dari awal nggak usah nyeberang, udah pernah kejadian," kata seorang wanita dalam video.

"Ya ini masih bersyukur deh orang ini. Kayak gitu nanti petugas yang disalahkan," timpal suara pria.

Adapun hingga Selasa (11/4/2023), unggahan video ini telah disukai lebih dari 1.000 suka dan dikomentari oleh lebih dari 130 warganet.

Baca juga: Viral Unggahan Perempuan Tewas Tertabrak KRL di Bojonggede, Ini Penjelasan KAI Commuter


KAI menyayangkan perilaku pengendara

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menyayangkan kondisi seperti dalam video.

"Kami sangat menyayangkan adanya kondisi tersebut di mana masih ada masyarakat yang abai pada keselamatan diri sendiri," ujar Eva, saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Bukan hanya itu, pihaknya juga menyayangkan pengendara yang tidak tertib mematuhi rambu, bahkan berupaya menerobos dengan kondisi palang pintu sudah tertutup.

"Kami juga koordinasikan ke pihak berwajib agar pengendara-pengendara yang tidak patuh di pelintasan dapat ditindak sesuai hukum yang berlaku," kata dia.

Eva pun mengimbau, para pengendara yang akan melintasi pelintasan sebidang untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan. Caranya, yakni dengan mengikuti rambu serta aturan yang ada.

Sementara itu, apabila di pelintasan kondisi macet karena kepadatan kendaraan, sebaiknya tetap menunggu di depan batas aman, yaitu telah melewati jalur rel pada pelintasan, baru kendaraan selanjutnya dapat melaju.

Baca juga: Ramai soal KRL Kembali ke Zaman Dulu Saat Penumpang Bergelantungan, Mungkinkah Terjadi?

Aturan pelintasan rel kereta

Menurut Eva, minimnya kesadaran untuk mematuhi aturan di pelintasan rel menjadi faktor utama kecelakaan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com