Jokowi Minta Menkes Konsultasi dengan WHO soal Status Pandemi

Kompas.com - 03/10/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Konsultasi yang diminta Jokowi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus ini berkaitan dengan status pandemi Covid-19.

“Pak Presiden meminta saya konsultasi dengan Dirjen WHO. Dirjen WHO bilang, kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan,” kata Menkes, usai rapat di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari Setkab, Senin (3/10/2022).

Budi mengatakan, WHO adalah pihak yang memiliki kewenangan untuk menyatakan pencabutan status pandemi Covid-19, termasuk kapan waktunya.

“Khusus mengenai pandemi ini, karena ini sifatnya dunia nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan. Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern (PHEIC), itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia yang akan meresmikan,” ujar Budi.

Baca juga: Soal Akhir Pandemi, Menkes: WHO yang Akan Cabut Secara Resmi

Kemungkinan pencabutan status pandemi

Jokowi sendiri sebelumnya mengatakan pandemi sudah mulai mereda.

Ia menyampaikan kemungkinan pencabutan status pandemi dalam waktu dekat.

“Mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” kata Jokowi pada Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, Indonesia saat ini tengah bersiap untuk menuju endemi.

Hal ini sesuai parameter penilaian Covid-19 yang kini terus melandai. Meski demikian, dia meminta agar waspada terhadap kemungkinan mutasi virus.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.