Kompas.com - 26/09/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya metode slugging yang diklaim bisa mengatasi kulit berjerawat viral di media sosial pada Minggu (25/9/2022).

"Ada yg prnah coba? gmna hasilnya? makasiee," tulis pengunggah dalam twit di akun Twitter @ohmybeautybank.

Twit dilengkapi dengan tangkapan layar yang menampilkan dua konten video YouTube seputar slugging.

Hingga Senin (26/9/2022), twit itu sudah diretwit sebanyak 1.094 kali dan disukai lebih dari 11.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu, apa itu slugging?

Baca juga: Mengenal Perawatan Kulit Wajah Slugging dan Cara Melakukannya

Apa itu slugging?

Dokter spesialis kulit dan kelamin sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dr. Dedianto Hidajat mengatakan, slugging adalah teknik melapisi permukaan kulit dengan suatu zat seperti serum/krim/jelly dengan tujuan melembabkan wajah.

"Metode slugging untuk skincare itu teknik melapisi permukaan kulit dengan suatu zat yang paling sering serum atau krim atau jelly atau petroleum jelly yang merupakan pelembab yang bersifat oklusif," ujar Dedi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Menurut dia, pelembab yang bersifat oklusif memang dapat membantu memperbaiki skin barrier yang terganggu, misalnya pada kondisi kulit kering atau pada kondisi lingkungan yang kelembaban rendah.

Dedi menambahkan, khusus untuk kulit berjerawat, penggunaan petroleum jelly untuk slugging masih kontroversial.

Sebab, pengaplikasian pelembab oklusif yang biasanya berbahan dasar minyak seperti petroleum cenderung menyebabkan pori-pori tersumbat.

Selain itu, pemakaian petroleum juga meningkatkan komedogenisitas.

Dosen ilmu kesehatan kulit dan kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr. Ismiralda Oke Putranti menyampaikan bahwa slugging bertujuan untuk mencegah penguapan air.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.