Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Minuman Manis, Berapa Batas Konsumsi Gula Harian bagi Anak-anak dan Dewasa?

Kompas.com - 26/09/2022, 11:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warganet di media sosial Twitter ramai mempertanyakan soal batas konsumsi gula per hari usai sebuah minuman kekinian yang disebut terlalu manis.

Sebab, mengonsumsi gula yang terlalu banyak ternyata tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan mental.

Dokter spesialis anak di Mayapada Hospital Kuningan, Jakarta Selatan, dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc, Sp.A melalui twitnya mengatakan bahwa konsumsi gula yang berlebihan setiap harinya dapat memengaruhi keseimbangan kerja otak.

"Konsumsi berlebih dari gula pada dasarnya bisa mengacaukan keseimbangan neurokimiawi di otak, yang membuat seseorang/sekelompok orang agak kesulitan mengelola emosinya," tulisnya dalam akun @sdenta.

Hingga Senin (26/9/2022), twit itu sudah dibagikan kepada lebih dari 10.000 pengguna dan disukai sebanyak 29.900 warganet.

Lantas berapa batas konsumsi gula harian?

Baca juga: Makanan dan Minuman Manis Bertebaran, Ini Risiko Terlalu Banyak Konsumsi Gula


Batas konsumsi gula harian

Anak-anak dan dewasa masing-masing memiliki batas konsumsi gula harian yang berbeda.

Denta mengatakan, batas konsumsi gula harian bagi anak-anak lebih sedikit daripada batas konsumsi gula bagi orang dewasa.

"Untuk anak-anak maksimal gula tambahan per hari adalah 25 gram. Kalau dewasa 50 gram," ujarnya, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Adapun batas konsumsi gula harian untuk orang dewasa ini setara dengan 4 sendok makan.

Sedangkan dokter spesialis penyakit dalam RSUD Sawah Besar Andi Khomeini menganjurkan agar konsumsi gula itu tidak lebih dari 10 persen dari total energi.

"Anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah 10 persen dari total energi (200 kkal)," tuturnya kepada Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Berapa Batas Kadar Gula Darah Rendah? Waspadai Ciri-cirinya!

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan batas konsumsi gula per hari adalah sekitar 10 sendok teh untuk rata-rata orang dewasa dengan asupan kalori 2.000 kkal per hari.

Di sisi lain, American Heart Association (AHA) juga telah mengatur batas konsumsi gula harian bagi anak-anak, yaitu:

  • Anak-anak di atas usia 2 tahun sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh (25 gram) gula tambahan setiap hari.
  • Anak-anak tidak boleh minum lebih dari satu minuman manis 240 mililiter per minggu.
  • Anak-anak di bawah 2 tahun harus menghindari konsumsi gula tambahan, karena mereka membutuhkan makanan kaya nutrisi dan sedang mengembangkan preferensi rasa.

Baca juga: Viral soal Kandungan Gula Susu UHT, Berapa Konsumsi Gula yang Ideal?

Ilustrasi gula pasir.Pixabay/Myriams Ilustrasi gula pasir.

Risiko konsumsi gula berlebihan

Konsumsi gula yang berlebihan setiap harinya dapat menimbulkan beragam pengakit kritis, seperti jantung, diabetes tipe 2, kanker, hingga obesitas.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com