Kompas.com - 26/09/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula secara signifikan bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Beberapa penyakit yang umum muncul disebabkan karena kadar gula tinggi, antara lain obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan kanker.

Dilansir dari Healthline, (1/10/2021), sebagian orang saat ini mencoba meminimalkan asupan gula mereka, tetapi mereka juga mudah untuk meremehkan berapa banyak gula yang sebenarnya dikonsumsi.

Salah satu alasannya adalah banyak makanan mengandung gula tersembunyi, termasuk beberapa makanan yang bahkan tidak Anda anggap manis.

Faktanya, bahkan produk yang dipasarkan sebagai "ringan" atau "rendah lemak" dapat mengandung lebih banyak gula daripada produk biasa.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan batas konsumsi gula harian orang dewasa sebanyak 50 gram.

Berikut 15 makanan dan minuman yang ternyata mengandung lebih banyak gula dari yang kita kira.

Baca juga: Ramai soal Minuman Manis, Berapa Batas Konsumsi Gula Harian bagi Anak-anak dan Dewasa?

1. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt adalah produk yang dibuat dengan bantuan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiluspixabay.com Yoghurt adalah produk yang dibuat dengan bantuan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
Yoghurt bisa sangat bergizi. Namun, tidak semua yogurt dibuat sama.

Seperti banyak produk rendah lemak lainnya, yogurt rendah lemak sering mengandung tambahan gula untuk meningkatkan rasanya.

Misalnya, satu cangkir (245 gram) yogurt rendah lemak dapat mengandung lebih dari 45 gram gula, yaitu sekitar 11 sendok teh.

Saat Anda memilih yogurt, cari yang mengandung paling sedikit gula tambahan.

Baca juga: Ramai Masker Wajah dari Yoghurt dan Bisa Dimakan, Ini Kata Dokter

2. Saus barbekyu (BBQ)

ilustrasi saus barbeque kopi ala koki profesional. SHUTTERSTOCK/New Africa ilustrasi saus barbeque kopi ala koki profesional.
Saus barbekyu (BBQ) bisa menjadi bumbu atau saus yang enak.

Namun, 2 sendok makan (sekitar 28 gram) saus dapat mengandung sekitar 9 gram gula. Ini bernilai lebih dari 2 sendok teh.

Faktanya, sekitar 33 persen dari berat saus BBQ mungkin gula murni.

3. Saus

Saus adalah salah satu bumbu paling populer di seluruh dunia, tetapi sering kali sarat dengan gula.

Cobalah untuk memperhatikan ukuran porsi Anda saat menggunakan saus tomat, dan ingat bahwa satu sendok makan saus tomat mengandung hampir 1 sendok teh gula.

Baca juga: Doyan Minuman Kekinian Tinggi Gula tapi Tetap Sehat, Apa Mungkin?

4. Jus buah

Seperti buah utuh, jus buah mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Namun, ketika memilih jus buah, pilihlah yang berlabel 100 persen jus buah, karena versi yang dimaniskan dengan gula bisa datang dengan dosis gula yang besar dan serat yang sangat sedikit .

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.