Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Uang Baru 2022 Tak Bisa Disetor di Mesin ATM, BI Beri Penjelasan

Kompas.com - 26/08/2022, 19:05 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial, ramai unggahan video mengenai uang rupiah baru tahun emisi 2022 yang tidak bisa disetorkan di mesin ATM.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengungkapkan, pihak bank masih perlu waktu untuk beradaptasi.

Mengingat, uang rupiah baru 2022 memiliki ukuran dan desain yang anyar.

"Pihak perbankan dan penyedia mesin masih memerlukan waktu untuk melakukan adaptasi penerimaan uang baru TE (tahun emisi) 2022 tersebut di mesin ATM/CDM/CRM," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Viral, Video SPBU di Bandar Lampung Tolak Pembayaran Uang Baru, Ini Kata Pertamina

Menurutnya, kondisi tersebut normal terjadi saat pengeluaran uang baru, di mana memerlukan tahapan untuk mengatur mesin agar dapat dikenali uang baru.

Senada, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, meski uang baru sudah berlaku legal sejak 17 Agustus 2022, perbankan memerlukan waktu untuk melakukan penyesuaian teknis.

"Tapi memang diperlukan waktu bagi bank-bank untuk melakukan penyesuaian teknis di mesin ATM mereka sehingga mesinnya dapat mengenali uang baru tersebut," ujarnya, terpisah.

Baca juga: Viral, Video Nasabah Gagal Setor Tunai Lewat Mesin ATM Pakai Uang Baru 2022, Ini Kata BCA


Videonya viral di media sosial

Diketahui, video viral tentang uang baru yang ditolak ATM tersebut diunggah oleh akun TikTok @kangrija pada Rabu (24/8/2022).

Dalam video, nasabah tersebut awalnya memasukkan sejumlah uang baru 2022 pecahan Rp 100.000 ke dalam mesin ATM setor tunai.

Kemudian mesin menutup dan memproses uang tersebut. Namun, mesin ATM menolak dan mencantumkan pesan di layar "Silahkan Ambil Uang Anda".

Uang tersebut kemudian diambil lagi dari mesin.

Baca juga: BI Luncurkan Uang Baru 2022, Ini Cara Mendapatkannya

@kangrija

Coba setor Tunai uang baru di mesin ATM Setor Tunai

? ?????? - HanYang

Cerita pengunggah gagal setor tunai pakai uang baru 2022

Penampakan 7 pecahan uang baru 2022 yang berlaku mulai 17 Agustus 2022.YouTube Bank Indonesia Penampakan 7 pecahan uang baru 2022 yang berlaku mulai 17 Agustus 2022.

Kepada Kompas.com, pengunggah video membenarkan bahwa dirinya tidak bisa melakukan setor tunai menggunakan uang baru melalui salah satu ATM BCA.

Muhamad Riza, nama lengkap pemilik akun tersebut menceritakan, kejadian itu ia alami di Bank BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Banda, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022).

"Iya benar, saya masukkan ke rekening via ATM setor tunai tapi tidak bisa. Saya coba pertama enggak bisa, nah yang saya video kan ini yang kedua kalinya, tetap enggak bisa," ujarnya, kepada Kompas.com, Kamis.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com