Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wahyu Suryodarsono
Tentara Nasional Indonesia

Indonesian Air Force Officer, and International Relations Enthusiast

Mengapa Propaganda Komputasional Lekat dengan Isu Ras dan Agama?

Kompas.com - 27/07/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MEDIA sosial ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi dapat berperan positif dalam perbaikan kualitas demokrasi, di sisi lain dapat memunculkan masalah-masalah baru. Media sosial telah banyak menawarkan cara-cara baru bagi publik untuk berkomunikasi serta berinteraksi melampaui batas perbedaan jarak, waktu, maupun norma-norma sosial tertentu. Hasil dari transformasi digital ini juga memengaruhi tatanan sosial masyarakat dengan efektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk dalam hal kontestasi politik di berbagai negara.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin pada Juni 2022 mengutarakan kekhawatiran akan kembalinya propaganda komputasional menjelang Pemilu 2024. Menurut dia, propaganda komputasional sangat berbahaya bagi stabilitas nasional karena dapat memunculkan berbagai disinformasi, hoaks, dan fitnah di masyarakat.

Agus Sudibyo dalam buku Tarung Digital: Propaganda Komputasional di Berbagai Negara  menulis bahwa dalam kerangka komunikasi politik, propaganda komputasional didefinisikan sebagai penggunaan algoritma kurasi, analisis big data, sistem otomatisasi, dan artificial intelligence untuk secara sengaja menghasilkan serta menyebarkan informasi yang menyesatkan melalui jaringan media sosial.

Baca juga: Kemenangan Marcos Jr dan Pengaruh Disinformasi di Medsos

Propaganda model ini tidak menutup kemungkinan juga merembet ke media massa konvensional. Di media sosial, algoritma kurasi umum digunakan untuk menyaring berbagai informasi yang paling relevan berdasarkan minat penggunanya. Meskipun mempermudah user untuk menyediakan informasi yang disukai tanpa harus sulit mencari dan berguna bagi e-commerce, algoritma ini nyatanya juga dapat menjerumuskan penggunanya pada kelompok dialog yang eksklusif dan fanatik, dalam lingkup pemahaman bersifat terbatas atau bahkan tertutup.

Pengguna akan cenderung terpapar informasi yang hanya diharapkan muncul olehnya di media sosial. Fenomena ini menciptakan filter bubble dan echo chamber yang dimanfaatkan oleh para pelaku propaganda komputasional untuk menyebarkan hoaks dan disinformasi yang masif demi kepentingan politik tertentu. Otomatisasi dan kecerdasan buatan juga turut memainkan peran dalam mengendalikan akun-akun bot politik, lalu menggiring opini tertentu di media sosial.

Pengalaman di sejumlah negara

Ironisnya, salah satu sasaran utama propaganda komputasional adalah menyangkut isu ras dan agama di suatu negara. AS, Rusia, India, Brasil, Venezuela, bahkan negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia tidak luput menjadi arena praktik propaganda ini.

Menjelang Pilpres AS pada Oktober 2016, misalnya, sejumlah fake account di Twitter dan Facebook, yang ternyata setelah diselidiki berafiliasi dengan Rusia, ikut berperan aktif dalam kampanye Blacktivist serta meningkatkan ketegangan antara kaum kulit putih dan hitam di negara tersebut. Rusia memandang tensi dari isu rasial, seperti tagar #BlackLivesMatter, sebagai suatu hal yang dapat dieksploitasi, lalu menciptakan kekacauan domestik demi kepentingan geopolitiknya.

Di Brasil, Jair Bolsonaro berhasil memenangkan pemilihan presiden di negara itu pada Oktober 2018, dengan mengkampanyekan ujaran-ujaran diskriminatif di media sosial yang menyerang penduduk asli, perempuan, LGBT, Afro-Brasil, serta kelompok intelektual progresif. Sebagai politisi ekstrimis sayap kanan, kampanyenya yang banyak menyerang kaum minoritas banyak memanfaatkan platform aplikasi Whatsapp.

Propaganda komputasional dengan memanfaatkan isu agama turut membanjiri media sosial pada Pemilu India tahun 2019. Saat itu, India tengah dilanda demam patriotisme dan nasionalisme Hindu yang sangat militan akibat masifnya penyebaran hoaks menjelang kontestasi. Tujuan dari penyebaran berita bohong tersebut adalah meningkatkan popularitas partai ultranasionalis kanan dan mendelegitimasi kaum muslim, utamanya dari kelompok islam militan Pakistan, yang seringkali dianggap sebagai sumber masalah negara bagi pihak petahana.

Baca juga: AS Tuduh Putin Sebar Disinformasi di Hari Kemenangan, Bagaimana Faktanya?

Alhasil, perang hoaks yang dilakukan antar-partai berhasil membanjiri grup-grup Whatsapp di India dan memecah belah berbagai kelompok masyarakat.

Demokrasi di Asia Tenggara juga turut diuji oleh fenomena propaganda komputasional. Di Indonesia misalnya, fenomena propaganda komputasional sangat terasa di 2019. Saat itu, terjadi perang tagar politik berbau agama yang dilancarkan oleh salah satu pendukung kubu calon presiden dan menjadi trending topic di Twitter, seperti #HaramPilihPemimpinIngkarJanji, #UdahKhilafahAja, #HaramPilihPemimpinDzalim, #YgDzalimTinggalinAja, #TerbuktiDustaJadiPetaka, dan lain sebagainya.

Hasil pelacakan Drone Emprit, sebuah instrumen pelacakan percakapan media sosial yang dikembangkan Media Kernels, menyebut bahwa tagar-tagar tersebut diproduksi oleh akun-akun yang berafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Hal ini tentu mengancam stabilitas politik mengingat narasinya yang berusaha mendelegitimasi negara lewat isu-isu agama ketika Pilpres berlangsung.

Pemilu Raya di Malaysia tahun 2018, juga menimbulkan perdebatan politik yang panas terkait propaganda isu rasial di media sosial dengan menciptakan dikotomi antara masyarakat Melayu dan non-Melayu di negara tersebut.

Primordialisme laku dalam propaganda komputasional

Lantas, mengapa isu-isu identitas seperti ras dan agama sangat kental dalam praktik-praktik propaganda komputasional di era informasi saat ini? Perlu diketahui bersama, hal-hal yang menyangkut identitas seperti ras, etnis, maupun agama, seluruhnya tergabung dalam suatu konsep primordialisme.

Terdapat beberapa definisi terkait primordialisme. Menurut Robuskha dan Shepsle, primordialisme merupakan sebuah loyalitas yang berlebihan terhadap budaya yang bersifat subnasional, misalnya keluarga, agama, ras, suku, dan kedaerahan. Isu primordialisme sangat efektif untuk mempermainkan emosi masyarakat serta cenderung dapat membuat publik menjadi sangat reaktif dan emosional tanpa perlu berpikir panjang. Hal ini dikarenakan isu tersebut merupakan akar dari identitas dan menjadi asal-usul yang paling bermakna bagi kehidupan suatu masyarakat.

Baca juga: Isu Primordialisme Memengaruhi Pilkada DKI?

Ramlan Subakti mendefinisikan primordialisme sebagai sebuah keterkaitan seseorang di dalam sebuah kelompok atas dasar ikatan kekerabatan, adat istiadat, dan suku bangsa, sehingga hal tersebut mampu melahirkan pola perilaku dan cita-cita yang sama. Kesamaan cita-cita serta pola perilaku dapat melahirkan berbagai nilai dan norma mendasar bagi kehidupan suatu kelompok, yang apabila diusik, dapat memunculkan reaksi negatif dari kelompok tersebut.

Selain faktor sensitifnya isu primordialisme, Agus Sudibyo juga mengemukakan bahwa media sosial memiliki kekuatan untuk meruntuhkan batas-batas intelektualitas seseorang. Begitu seorang pengguna media sosial sudah tersentuh keyakinan primordialnya, maka orang tersebut seketika dapat berubah menjadi sentimental, sensitif, dan intoleran terhadap keberagaman. Hal ini bahkan tidak hanya terjadi pada masyarakat berpendidikan rendah, tetapi juga kalangan intelektual maupun orang yang duduk pada suatu jabatan politik tertentu.

Dalam konteks inilah, celah bagi suburnya praktik propaganda komputasional, dengan menggunakan ¬akun-akun terotomatisasi di Twitter, Facebook, maupun Instagram lazim digunakan. Untuk mewaspadai praktik ini berkembang kembali pada Pemilu 2024 di Indonesia, maupun kontestasi elektoral di negara lainnya, perlu dikembangkan suatu kesadaran di masyarakat akan bahaya praktik propaganda komputasional ini lewat budaya literasi digital.

Selain mengganggu stabilitas negara, propaganda ini cenderung dapat melahirkan pemimpin-pemimpin populis, karena hanya mementingkan kaum tertentu di atas kepentingan bersama. Kedewasaan dalam menyikapi setiap permasalahan yang muncul di media sosial, menjadi hal yang perlu digaungkan bersama demi menyongsong masa depan di era informasi yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Kronologi dan Motif Ibu Racuni Anak Tiri di Rokan Hilir, Riau

Kronologi dan Motif Ibu Racuni Anak Tiri di Rokan Hilir, Riau

Tren
Rumah Sakit di Rafah Kehabisan Bahan Bakar, WHO: Penutupan Perbatasan Halangi Bantuan

Rumah Sakit di Rafah Kehabisan Bahan Bakar, WHO: Penutupan Perbatasan Halangi Bantuan

Tren
Cerita Rombongan Siswa SD 'Study Tour' Pakai Pesawat Garuda, Hasil Nabung 5 Tahun

Cerita Rombongan Siswa SD "Study Tour" Pakai Pesawat Garuda, Hasil Nabung 5 Tahun

Tren
Viral, Video Kucing Menggonggong Disebut karena 'Salah Asuhan', Ini Kata Ahli

Viral, Video Kucing Menggonggong Disebut karena "Salah Asuhan", Ini Kata Ahli

Tren
Seekor Kuda Terjebak di Atap Rumah Saat Banjir Melanda Brasil

Seekor Kuda Terjebak di Atap Rumah Saat Banjir Melanda Brasil

Tren
Link Live Streaming Indonesia vs Guinea U23 Kick Off Pukul 20.00 WIB

Link Live Streaming Indonesia vs Guinea U23 Kick Off Pukul 20.00 WIB

Tren
Prediksi Susunan Pemain Indonesia dan Guinea di Babak Play-off Olimpiade Paris

Prediksi Susunan Pemain Indonesia dan Guinea di Babak Play-off Olimpiade Paris

Tren
Alasan Semua Kereta Harus Berhenti di Stasiun Cipeundeuy, Bukan untuk Menaikturunkan Penumpang

Alasan Semua Kereta Harus Berhenti di Stasiun Cipeundeuy, Bukan untuk Menaikturunkan Penumpang

Tren
Indonesia Vs Guinea, Berikut Perjalanan Kedua Tim hingga Bertemu di Babak Playoff Olimpiade Paris 2024

Indonesia Vs Guinea, Berikut Perjalanan Kedua Tim hingga Bertemu di Babak Playoff Olimpiade Paris 2024

Tren
Pelatih Guinea soal Laga Lawan Indonesia: Harus Menang Bagaimanapun Caranya

Pelatih Guinea soal Laga Lawan Indonesia: Harus Menang Bagaimanapun Caranya

Tren
8 Pencetak Gol Terbaik di Piala Asia U23 2024, Ada Dua dari Indonesia

8 Pencetak Gol Terbaik di Piala Asia U23 2024, Ada Dua dari Indonesia

Tren
WHO Temukan 3 Kasus di Riyadh, Ketahui Penyebab dan Pencegahan MERS- CoV Selama Ibadah Haji

WHO Temukan 3 Kasus di Riyadh, Ketahui Penyebab dan Pencegahan MERS- CoV Selama Ibadah Haji

Tren
Pertandingan Indonesia Vs Guinea Malam Ini, Pukul Berapa?

Pertandingan Indonesia Vs Guinea Malam Ini, Pukul Berapa?

Tren
Benarkah Antidepresan Bisa Memicu Hilang Ingatan? Ini Penjelasan Ahli

Benarkah Antidepresan Bisa Memicu Hilang Ingatan? Ini Penjelasan Ahli

Tren
WHO Peringatkan Potensi Wabah MERS-CoV di Arab Saudi Saat Musim Haji

WHO Peringatkan Potensi Wabah MERS-CoV di Arab Saudi Saat Musim Haji

Tren
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com