Ricuh Suporter Solo di Yogyakarta, Kronologi, Permintaan Maaf Gibran hingga Tanggapan Sultan HB X

Kompas.com - 26/07/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Kericuhan yang diduga melibatkan suporter asal Solo, Jawa Tengah masih menjadi perbincangan di media sosial pada Selasa (26/7/2022).

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022), saat itu rombongan suporter dari Persis Solo hendak ke Magelang untuk mendukung timnya bermain.

Namun, dalam perjalanan diduga suporter Persis Solo yang melakukan provokasi saat melintas di kawasan Gejayan, Yogyakarta. Provokasi itu pun disebut menyulut emosi warga setempat dan terjadi kericuhan.

Baca juga: Kronologi Kericuhan Rombongan Diduga Suporter di Yogyakarta

Kronologi kejadian

Satu unit sepeda motor yang diduga milik suporter yang ditinggal di Jalan Gejayan, Kabupaten Sleman.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Satu unit sepeda motor yang diduga milik suporter yang ditinggal di Jalan Gejayan, Kabupaten Sleman.

Salah satu warga yang merupakan saksi mata insiden tersebut, Yono mengatakan bahwa ada satu motor yang ditinggal oleh pemiliknya atau salah satu suporter Persis Solo. Motor tersebut memiliki plat nomor "AD".

Tidak hanya terjadi di Gejayan, keributan juga terjadi di kawasan tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta.

"Diduga dari kelompok suporter Persis Solo. Akan ke Magelang pada saat melewati Tugu ada beberapa orang mungkin merangsek masuk ke salah satu warung kopi. Lalu melakukan provokasi," ujar Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja, dikutip dari Kompas.com, 25 Juli 2022.

Dalam kejadian itu, tak ada korban jiwa dan tak ada kontak fisik antara suporter dan warga. Namun, kerugian material dialami oleh pemilik warung kopi karena ada beberapa yang pecah.

Timbul menyampaikan, oknum suporter ini datang dari arah timur sesampainya di simpang empat tugu Pal Putih Kota Yogyakarta rombongan turun dan cari perhatian.

Menurut keterangan polisi, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa dan tidak ada kontak fisik antar oknum dengan warga Yogyakarta.

Kini, dua lokasi tersebut sudah kondusif dan arus lalu lintas lancar kembali.

Baca juga: Gibran Minta Maaf Buntut Keributan Suporter dari Solo di Yogyakarta Jelang Laga Persis Vs Dewa United

Permintaan maaf Gibran

Dilansir dari KompasTV, Selasa (26/7/2022), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan bahwa dia telah mengetahui nama-nama suporter Persis Solo yang terlibat gesekan di Sleman, Yogyakarta.

Ia pun menegaskan agar suporter yang terlibat diblacklist dan tidak akan mendapat tiket masuk untuk menonton laga Persis Solo nantinya.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.