Kompas.com - 30/06/2022, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah akan menyalurkan gaji ke-13 bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk TNI/Polri mulai awal Juli 2022.

Hal itu dikonfirmasi secara langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani melalui press statement gaji ke-13, Rabu (29/6/2022).

Menurut Menkeu, anggaran untuk gaji ke-13 selalu dicanangkan dalam APBN, termasuk APBN 2022.

Pencairan gaji ke-13 yang bertepatan dengan masa tahun ajaran baru para siswa, diharapkan dapat meningkatkan tingkat belanja dan perputaran uang di masyarakat, sehingga berimbas pada perbaikan perekonomian nasional pasca dihantam pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

Lantas berapa besaran gaji ke-13 yang akan diterima para ASN dan pensiunan tahun ini? Siapa saja yang akan menerimanya?

Baca juga: Gaji Ke-13 PNS Cair 1 Juli, Berapa Besarannya dan Siapa yang Dapat?

Penerima gaji ke-13 tahun 2022

Dalam paparannya, Sri Mulyani menyebut kali ini gaji ke-13 akan diberikan kepada seluruh ASN dan pensiunan, tanpa terkecuali.

Berbeda dengan gaji ke-13 tahun 2020 yang hanya diberikan pada ASN eselon II ke bawah, sementara Eselon I tidak menerimanya.

Kebijakan ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022.

Keputusan untuk memberikannya kepada seluruh ASN dan pensiunan dilatarbelakangi oleh membaiknya kondisi perekonomian negara.

"Untuk tahun ini seiring dengan pemulihan ekonomi yang semakin menguat dan adanya penerimaan negara yang cukup baik diakibatkan oleh pemulihan ekonomi yang menguat serta adanya kenaikan harga-harga komoditas, maka situasi APBN kita juga berangsur-angsur menjadi lebih baik," jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Daftar Penerima dan Besaran Gaji Ke-13 yang Mulai Cair Juli 2022

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.