Kompas.com - 30/06/2022, 15:35 WIB

KOMPAS.com - Fenomena embun es kembali terjadi di Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Kamis (30/6/2022) pagi.

Berdasarkan pengamatan Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelola Wisata Dieng, Sri Utami, suhu kawasan Dataran Tinggi Dieng pagi ini mencapai minus 1 derajat celsius.

"Dari semalam sudah mulai dingin, pagi ini suhunya minus 1 derajat celsius," kata Sri, dikutip dari Kompas.com (30/6/2022).

Akibatnya, muncul fenomena embun es di beberapa titik, seperti kompleks Candi Arjuna, lapangan sekitar Candi Arjuna, dan Dharmasala.

Menurut Sri, fenomena embun es ini merupakan fenomena kedua yang terjadi di Dieng selama 2022. Fenomena embun es kali pertama muncul pada Januari 2022 lalu. Saat itu, suhu di kawasan Dataran Tinggi Dieng mencapai 3 derajat celsius.

Lantas, bisakah fenomena embun es ini terjadi di wilayah selain Dieng?

Baca juga: Fenomena Embun Es Kembali Terjadi di Dieng, Suhu Minus 1 Derajat Celsius

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan fenomena embun es merupakan hal yang wajar terjadi setiap tahunnya.

Bahkan menurutnya, fenomena embun es ini juga bisa terjadi di beberapa wilayah selain Dieng.

"(Terjadi di) beberapa tempat seperti di Dieng dan dataran tinggi atau wilayah pegunungan lainnya (juga) berpotensi terjadi embun es (embun upas)," ujarnya, saat dihubungi oleh Kompas.com (30/6/2022).

Sebelumnya, fenomena embun es ini juga pernah terjadi di lereng Semeru tepatnya di Danau Ranu Pani, Lumajang, Jawa Timur pada tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.