Kompas.com - 29/06/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - PPDB Jateng 2022 atau penerimaan peserta didik baru jenjang SMA/SMK di Jawa Tengah memasuki tahap pendaftaran pada hari ini, Rabu, 29 Juni 2022.

Sebelum melakukan pendaftaran atau pemilihan sekolah, peserta harus terlebih dahulu melakukan pengajuan akun, verifikasi berkas ke sekolah, serta aktivasi akun.

Proses tersebut telah rampung digelar pada 15-28 Juni 2022. Meski demikian, bagi peserta yang belum menyelesaikan proses tersebut, masih diberi kesempatan hingga 29 Juni 2022 pukul 16.00 WIB

"Pengajuan akun, verifikasi berkas, dan aktivasi akun sesuai jadwal berakhir tanggal 28 Juni 2022 pukul 16.00 WIB, diberikan perpanjangan waktu hingga 29 Juni 2022 pukul 16.00 WIB," tulis pengumuman dalam laman resmi PPDB Jateng 2022.

Bagi peserta yang telah selesai aktivasi akun, bisa melakukan pendaftaran atau pemilihan sekolah di laman ppdb.jatengprov.go.id.

Baca juga: PPDB Jateng 2022 SMA dan SMK: Pendaftaran dan Cara Pemilihan Sekolah

Cara daftar sekolah PPDB Jateng

  • Buka link pendaftaran PPDB Jateng 2022 https://ppdb.jatengprov.go.id.
  • Pilih jenjang dan jalur seleksi yang diikuti.
  • Klik menu "Daftar" dan lakukan login dengan memasukan nomor peserta dan kata sandi.
  • Setelah berhasil login, lakukan pemilihan sekolah tujuan.
  • Selanjutnya, simpan dan cetak tanda bukti pendaftaran.

Ketentuan pemilihan sekolah

PPDB Jateng 2022 memiliki sejumlah ketentuan pemelihan sekolah. Dilansir dari Juknis PPDB SMA/SMK Jateng 2022, berikut ketentuan pemilihan atau pendaftaran sekolah:

1. SMA Negeri

Calon peserta didik SMA memiliki hak melakukan pendaftaran pada dua Satuan Pendidikan pilihannya.

Dua pilihan tersebut dengan ketentuan, satu di dalam wilayah zonasi dan satu di luar wilayah zonasi. Berikut rinciannya:

  • Calon peserta didik SMA mendaftarkan diri pada satu Satuan Pendidikan melalui Jalur Zonasi, dan satu Satuan Pendidikan di luar zonasi dengan Jalur Prestasi atau Afirmasi.
  • Calon peserta didik yang mendaftar melalui Jalur Prestasi di dalam wilayah zonasi, tidak dapat melakukan pendaftaran melalui Jalur Zonasi. Dan dapat mendaftar melalui Jalur Afirmasi di luar wilayah zonasi jika memenuhi persyaratan pada Jalur Afirmasi.
  • Calon peserta didik SMA dapat mengubah pilihan Satuan Pendidikan dan jalurnya selama masa pendaftaran, kecuali untuk Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali.

2. SMK Negeri

  • Calon peserta didik SMK dapat mendaftarkan diri pada tiga pilihan kompetensi keahlian pada sebanyak-banyaknya dua Satuan Pendidikan.
  • Calon Peserta didik SMK dapat mengubah pilihan kompetensi keahlian dan/atau Satuan Pendidikan selama masa pendaftaran.

Ketentuan perubahan pilihan

Selama masa pendaftaran, calon peserta didik SMK Negeri dapat mengubah pilihan ke SMA Negeri.

Demikian pula sebaliknya, calon peserta didik SMA Negeri dapat mengubah pilihan ke SMK Negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.