Kompas.com - 28/05/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Beberapa nama baru menghiasai punggawa tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia saat berlaga di SEA Games Vietnam 2021.

Salah satu nama yang mendapat perhatian publik adalah Marc Klok, pemain naturalisasi asal Belanda.

Sebagai pemain naturalisasi, publik menaruh ekspektasi tinggi kepada Marc Klok.

Namun, timnas belum dapat mengakhiri puasa gelar selama 31 tahun dan harus puas meraih medali perunggu di SEA Games Vietnam 2022.

Selain Klok, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) belum lama ini merampungkan proses naturalisasi dari Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Keduanya masing-masing berkewarganegaraan Spanyol dan Belanda yang membela klub Eropa.

Lantas, apa dampak naturalisasi pemain bagi sepak bola tanah air?

Baca juga: Tanggapan Jordi Amat Usai Rampungkan Proses Naturalisasi

Tanggapan pengamat

Pengamat sepak bola sekaligus Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali menilai, banyaknya pemain yang dinaturalisasi tidak mengubah peningkatan kualitas sepakbola nasional.

Ia pun menyayangkan gencarnya naturalisasi yang dilakukan PSSI ini. Menurutnya, sepak bola Tanah Air memiliki potensi besar jika dibina dengan benar.

"Tugas PSSI dan juga klub adalah membina bukan "membeli". Naturalisasi bukan solusi terkait mandeknya prestasi timnas, terkesan delusional," kata Akmal kepada Kompas.com, Sabtu (28/5/2022).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.