Kompas.com - 28/05/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) 2022 gelombang II dimulai pada Sabtu, 28 Mei 2022.

UTBK-SBMPTN 2022 dilaksanakan secara bergelombang, gelombang I sudah berakhir pada 23 Mei 2022 sedangkan gelobang II dimulai pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Setelah mengikuti UTBK-SBMPTN nantinya peserta tinggal menunggu hasil pengumuman yang akan dipublikasikan pada 23 Juni 2022.

Peserta yang mengikuti ujian pada gelombang II harus mempersiapkan beberapa dokumen hingga kesiapan mental agar bisa lancar mengerjakan UTBK-SBMPTN 2022.

UTBK-SBMPTN 2022 dilaksanakan secara langsung, sehingga peserta disarankan untuk datang lebih awal agar bisa menghindari keterlambatan melakukan ujian.

Untuk penggunaan pakaian ketika mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 perserta dapat memakai baju rapi berkerah, memakai sepatu dan menggunakan masker.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh LTMPT OFFICIAL (@ltmptofficial)

Lalu, apa saja tips-tips untuk menyukseskan pelaksanaan ujian UTBK-SBMPTN 2022 pada gelombang II?

Baca juga: Ikut UTBK 2022, Ini 5 Aturan Saat Pelaksanaan Ujian

Tips persiapan sebelum hari pelaksanaan ujian

Dilansir dari Instagram @ltmptofficial, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan peserta sebelum hari pelaksaan ujian UTBK-SBMPTN 2022:

  • Menjaga kesehatan dan disarankan untuk tetap di rumah atau stay at home.
  • Wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi lokasi UTBK. Hal ini dikarenakan beberapa Pusat UTBK tidak diperbolehkan untuk melakukan cek lokasi langsung.
  • Jika peserta melakukan survei di lokasi gedung yang akan digunakan sebagai tempat ujian pada H-1, tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.
  • Buat perkiraan waktu tempuh dari rumah atau penginapan atau lokasi asal ke lokasi ujian.

Peserta ujian UTBK-SBMPTN 2022 juga disarankan untuk melakukan persiapan dengan belajar dan berdoa.

Selain itu, peserta dapat menjaga kondisi fisik agar tetap bugar ketika mengikuti ujian dengan berolahraga, makan makanan bergizi dan usahakan untuk tidak stres.

Baca juga: UTBK-SBMPTN 2022 Gelombang II Dimulai Hari ini, Perhatikan Hal Berikut

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.