Kompas.com - 15/05/2022, 16:35 WIB

KOMPAS.COM - Indonesia memiliki pengalaman peningkatan tren pandemi Covid-19 setelah berlangsungnya libur panjang seperti libur akhir tahun dan libur Lebaran.

Meskipun, dalam dua tahun terakhir pemerintah membatasi bahkan melarang pergerakan masyarakat yang bisa memicu terjadinya penularan virus.

Lalu, bagaimana dengan tren kasus Covid-19 pasca-libur Idul Fitri tahun ini di mana pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik?

Kondisi sebelum libur Lebaran

Melihat grafik yang ditampilkan pada laman covid19.go.id, kasus konfirmasi harian di Indonesia sejak pertengahan April 2022 selalu berada di bawah 1.000 kasus.

Kondisi itu terus terjaga hingga Lebaran tiba, bahkan hingga saat ini. Belum sekali pun kasus positif harian nasional melampaui angka 1.000.

Tren baik ini pulalah yang menjadi salah satu alasan pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik. Selain cakupan vaksinasi yang memang telah melebihi angka 70 persen.

Baca juga: Update Corona 15 Mei 2022: Angka Kematian akibat Covid-19 di Korea Utara Terus Bertambah

Kondisi sepekan setelah libur Lebaran

Secara nasional, libur Lebaran 2022 berlangsung selama 10 hari sejak 30 April-8 Mei 2022.

Dan hari ini, Minggu (15/5/2022), adalah tepat sepekan setelah libur panjang itu usai. Lantas, bagaimana kondisi pandemi di Indonesia?

Ketika pertanyaan itu diajukan, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting tidak menyebutkan secara gamblang bagaimana kondisi pandemi Covid-19 nasional saat ini, apakah stabil, menurun, atau justru meningkat.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, Sabtu (14/5/2022), jumlah kasus positif dalam satu hari secara nasional tercatat sebanyak 308 kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.