Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Transjakarta Jajal Terbitkan "Green Bond" di London Stock Exchange...

Kompas.com - 13/05/2022, 21:07 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sedang menjajaki penerbitan surat utang berwawasan lingkungan atau green bond di London Stock Exchange.

Upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emission.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta Iwan Samariansyah mengatakan jika Transjakarta ingin menerapkan teknologi keberlanjutan.

Baca juga: Masa Depan Mobil Listrik dan Segudang Promo Diskon dari PLN

Hal itu guna mengurangi emisi gas rumah kaca yang salah satunya disumbangkan oleh industri transportasi.

"Jakarta ingin ikut berkontribusi untuk mengurangi emisi gas dan kebetulan sekali global bond itu tampaknya tersedia salah satunya di London Stock Exchange," katanya kepada Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Itulah mengapa pihak Transjakarta ingin menerapkan penggunaan bus listrik di seluruh armadanya sebagai bentuk green transportasion.

Baca juga: Dilema Mobil Listrik dan Emisi Gas Rumah Kaca

30 bus listrik sudah beroperasi

Saat ini, PT Tansjakarta sudah melakukan kerja sama dengan PT Mayasari Bakti guna mengoperasikan bus listrik di Jakarta.

"Sudah mengoperasikan sekitar 30 unit bus (listrik). Itu baru diresmikan bapak Gubernur Anies Baswedan kira-kira beberapa bulan lalu," katanya lagi.

Iwan berharap nantinya jumlah armada bus listrik dapat bertambah jumlah setiap tahun, dan ditargetkan mencapai 100 unit.

Penambahan bus listrik tersebut membuat PT Transjakarta perlu melakukan kerja dengan investor untuk mendukung program pengadaan bus listrik.

"Nah tentu itu kan perlu pembiayaan yang tidak sedikit, karena itu kita lalu menjalin kerja sama dengan investor dari luar negeri, investor untuk mendukung program ini," jelas Iwan.

Baca juga: Investor Asing Peringatkan UU Cipta Kerja Ancam Hutan Tropis Indonesia

Dukungan pembiayaan

Diketahui, Direktur Utama M Yana Aditya dan Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Yoga Adiwinarto berkunjung ke London Stock Exchange pada Kamis (12/5/2022).

Pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Departemen Pasar Modal dan Produk London Stock Exchane Shery Kholi.

Dalam pertemuan itu, PT Transjakarta menjajaki penerbitan global bond untuk mendukung pembiayaan pengembangan bus listrik

"Di mana kami berkesempatan untuk mendiskusikan terkait rencana Transjakarta dalam pengembangan bus listrik dan sustainability transportasi di Jakarta. Untuk mendukung itu, kami ingin adanya dukungan pembiayaan," kata Yana, dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, (13/5/2022).

Baca juga: Viral, Video Atap Bus Hilang Setelah Melewati Flyover di Padang Panjang, Bagaimana Ceritanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com