Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2022, Ini Tema dan Sejarahnya

Kompas.com - 08/03/2022, 07:13 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Doodle hari ini ikut merayakan Hari Perempuan Sedunia 2022 atau International Women's Day, Selasa (8/3/2022).

Hari Perempuan Sedunia 2022 atau International Women's Day dirayakan setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya. 

Google Doodle hari ini

Google Doodle hari ini memperlihatkan sekilas gambaran dari aktivitas perempuan di seluruh dunia.Google Google Doodle hari ini memperlihatkan sekilas gambaran dari aktivitas perempuan di seluruh dunia.

Tema Google Doodle Hari Perempuan Sedunia hari ini adalah tayangan slide animasi yang membawa ke seluruh dunia untuk melihat sekilas kehidupan sehari-hari para wanita di berbagai budaya.

Dari seorang ibu yang bekerja dari rumah hingga montir sepeda motor yang mengajarkan keterampilannya kepada generasi berikutnya. 

Setiap ilustrasi yang digambarkan dalam Doodle hari ini dihubungkan oleh benang merah tentang bagaimana wanita tampil untuk diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan komunitas mereka.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional 2022: Sejarah, Tema, dan Link Twibbon

Tema Hari Perempuan Sedunia 2022

Dikutip dari Unric.org, tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini adalah #BreakTheBias “Gender equality today for a sustainable tomorrow” atau “Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan”.

Sejarah Hari Perempuan Sedunia 2022

Clara Zetkin, pelopor Hari Perempuan Internasional. (Sumber: Kolase Wikipedia) Clara Zetkin, pelopor Hari Perempuan Internasional.

IWD yang jatuh setiap 8 Maret sudah dirayakan sejak lebih dari 1 abad yang lalu, atau tepatnya sejak awal tahun 1900-an.

Pada tahun 1908, terjadi kerusuhan besar, penindasan, dan ketimpangan yang dialami perempuan sehingga memacu mereka lebih vokal dan aktif dalam mengkampanyekan adanya perubahan.

 

Pada tahun itu, belasan ribu perempuan turun aksi di New York, AS menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan diberikan hak suara.

Setahun kemudian, berdasarkan deklarasi Partai Sosialis Amerika, negara Paman Sam itu merayakan Hari Perempuan Nasional (NWD) pada 28 Februari. Tanggal perayaan ini terus diperingati setidaknya hingga 1913.

Baca juga: Hari Perempuan Sedunia 2021, Ini Tema dan Sejarahnya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com