Kompas.com - 24/01/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Berbelanja di pasar e-commerce luar negeri menjadi satu-satunya pilihan jika barang yang diincar tak dijajakan di pasar dalam negeri.

Di situs jual beli internasional, kita bisa menemukan berbagai barang istimewa yang tak diproduksi dan dipasarkan di pasar online dalam negeri.

Perkembangan teknologi dalam berbelanja secara online memang memudahkan kita memasarkan sekaligus membeli barang atau produk. Jarak bukan menjadi masalah lagi jika kita melakukan transaksi di ranah e-commerce.

Namun meskipun demikian, hati-hati jika akan berbelanja online di ranah marketplace luar negeri. Karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan berbelanja lintas negara ini.

Ketika kita berbelanja di pasar luar negeri, kita tak bisa fleksibel mengambil tindakan jika ada permasalahan terkait pembayaran dan pengiriman serta penerimaan barang.

Nah agar pembelian barang di pasar internasional tak terkendala, perhatikan tips berikut ini:

Baca juga: Cara Mengecek dan Melaporkan Online Shop yang Melakukan Penipuan

1. Pilih marketplace yang terpercaya

PIlih marketplace yang memiliki banyak ulasan positif.Unsplash/Kobu Agency PIlih marketplace yang memiliki banyak ulasan positif.
Sama halnya dengan berbelanja di marketplace dalam negeri, ketika akan berbelanja di marketplace luar negeri kita juga harus melakukan survey terlebih dahulu terhadap situs yang bersangkutan.

Cari tahu kredibilitas situs dengan mencermati testimoni yang ditinggalkan oleh para konsumennya.

Anda juga bisa mencari tahu ulasan tentang situs tersebut dengan mencarinya di blog atau forum lokal di internet. Cermati apakah ada ulasan negatif mengenai situs tersebut ataukah tidak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.