Hati-hati Investasi Bodong, Ini Cara Cek Perusahaan Investasi via OJK

Kompas.com - 20/01/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Investasi bodong tersebar di mana-mana, masyarakat harus lebih waspada dan jeli agar tak tertipu jenis perusahaan investasi abal-abal.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (19/01/2022), Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menetapkan enam tersangka dalam kasus investasi bodong menggunakan robot trading dengan skema ponzi bernama Evotrade.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut menjual aplikasi robot trading tanpa izin.

Dan dalam pengoperasiannya, perusahaan tersebut menggunakan skema ponzi dan member get member, alias menjual sistem bukan menjual barang.

Selain Evotrade, ada pula pasangan kekasih asal Tasikmalaya yang juga sudah tertangkap karena menjalankan bisnis investasi bodong alias investasi ilegal.

Menawarkan keuntungan hingga 40 persen dari jumlah total uang yang disetorkan, pasangan ini sudah meraup keuntungan mencapai Rp 5,7 miliar dari para korbannya.

Baca juga: Pasangan Kekasih di Tasikmalaya Tipu 300 Orang dengan Modus Investasi Bodong, Kerugian Rp 5,7 Miliar

Cara cek investasi bodong

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kejaksaan, Kepolisian RI, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sudah lama sepakat untuk memperkuat kerjasama dalam hal memberantas investasi bodong atau investasi ilegal.

OJK terus menghimbau masyarakat agar terus cek kelegalan perusahaan investasi sebelum mengikuti bisnis investasi yang ditawarkan oleh berbagai pihak.

Untuk cek legalitas investasi, masyarakat bisa cek Surat Izin OJK asli yang sudah dikantongi oleh perusahaan yang bersangkutan.

Surat Izin OJK asli sendiri memiliki ciri khusus, yaitu memiliki QR code yang dapat dipindai dan terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.