Kompas.com - 20/01/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com -  Untuk mengenal seluk beluk diet leptin, kita harus mengenal dulu apa itu leptin.

Leptin adalah hormon yang berasal dari sel lemak tubuh. Hormon ini bertugas mengirim sinyal ke hipotalamus otak sehingga otak akan memproses sinyal lapar dan kenyang.

Tugas leptin bagi saluran metabolisme sangat penting, leptin menyeimbangkan antara sinyal lapar dan selera makan.

Ketika energi tubuh berada dalam level rendah, leptin akan meminta otak untuk melahirkan selera makan. Namun bila energi tubuh berada dalam level cukup, leptin akan memberikan sinyal bahwa perut telah kenyang.

Baca juga: Untuk Diet, Ini 6 Superfood yang Bisa Menekan Rasa Lapar

Penemuan diet leptin

Leptin sebenarnya adalah protein, yang lantas diidentifikasikan sebagai hormon oleh para ilmuwan.

Berasal dari sel lemak, leptin akan masuk aliran darah dan berjalan-jalan menuju otak. Melansir Medical news Today, leptin akan menembus membran otak yang bertugas menyaring racun yang bisa menyakiti otak, kemudian baru mencapai hipotalamus.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Ketika leptin bisa mencapai hipotalamus, otak atau tubuh akan menerimanya sebagai sinyal kenyang.

Namun ketika level leptin sangat rendah sehingga tak bisa menembus membran dan hipotalamus tak menerima kedatangan leptin, maka otak akan menerimanya sebagai sinyal lapar.

Peran leptin dalam menjaga berat badan sangatlah penting. Pada kasus anak obesitas, kadar leptin dalam tubuhnya sangatlah rendah sehingga otak akan menerimanya sebagai sinyal bahwa tubuh tak memiliki tabungan lemak. Efeknya, selera makan pun akan berlebih, tiada henti.

Nah setelah ilmuwan menemukan tentang keberadaan dan fungsi leptin ini di tahun 1994, Byron J. Richards pun menciptakan diet leptin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.