Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Menelaah Tembok Besar China

Kompas.com - 02/12/2021, 14:53 WIB
Ribuan turis memadati Tembok Besar China selama masa liburan Hari Buruh di Beijing, China, pada 1 Mei 2021. AFP PHOTO/NOEL CELISRibuan turis memadati Tembok Besar China selama masa liburan Hari Buruh di Beijing, China, pada 1 Mei 2021.

MANUSIA dan satwa merupakan dua jenis mahluk hidup yang membangun bangunan. Beberapa jenis satwa yang membangun bangunan antara lain rayap, lebah, tawon, burung, biwara.

Beda dari manusia, satwa membangun bangunan sebagai tempat yang berfungsi sebagai pemukiman atau alat menangkap mangsa.

Satu di antara sekian banyak mahakarya bangunan yang dibangun oleh manusia adalah Wan Li Changcheng alias Tembok Besar China.

Beberapa kali saya sempat mengunjungi Tembok Besar China terbatas di kawasan Badaling saja.

Mustahil saya mampu menelusuri segenap Tembok Besar China yang konon lebih dari 8000 kilometer panjangnya.

Sejarah

Tanpa mampu membuktikan benar-tidaknya, terpaksa saya hanya bisa menyimak aneka ragam pendapat para sejarawan dan penguasa yang berkuasa menentukan sejarah tentang apa yang kini disebut sebagai Tembok Besar China.

Konon setelah Dinasti Zhou Timur runtuh pada sekitar abad III sebelum Masehi, Shi Huang Di sebagai kaisar pertama China memerintahkan pembangunan Tembok Besar.

Tembok Besar itu untuk melindungi wilayah kekuasaan dinasti Chin dari serangan musuh sebelah utara, yaitu kaum nomadis Mongol.

Tembok Besar dibangun secara kerja paksa oleh para tahanan politik dan rakyat jelata setempat.

Tembok Besar yang kini terlihat kasat mata sebenarnya bukan Tembok Besar yang dibangun atas perintah Shi Huangdi yang sudah runtuh tak berbekas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.