Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Khayalan Saya tentang Lubang Hitam Dibenarkan Universitas Nottingham

Kompas.com - 18/10/2021, 09:42 WIB
Ilustrasi lubang hitam ShutterstockIlustrasi lubang hitam

APA yang disepakati oleh para mahailmuwan/wati termasuk Stephen Hawking tentang black hole (lubang hitam) terlalu imajinatif fantastis bagi daya tafsir dangkal saya.

Maka menurut isapan jempol saya sendiri lubang hitam lebih layak masuk ke ranah kisah fiksi ilmiah ketimbang teori astrofisika apalagi dogma kosmologis.

Namun agar tidak dianggap terlalu dungu maka saya memaksakan diri untuk menulis tentang lubang hitam antara lain pada naskah Perjuangan Membuktikan Lubang Hitam Ada (kompas.com, 6 November 2020) dengan komentar sok tahu sebagai berikut:

Saya pribadi gemar berkhayal bahwa fungsi black holes di angkasa luar pada hakikatnya mirip-mirip pusaran air yang kerap terjadi di perairan planet bumi termasuk pada saat malapetaka tsunami sebagai suatu bentuk puting-beliung samudra yang bukan bergerak ke langit namun ke dasar samudra sambil secara (mungkin) spiralistis menyedot segenap kehidupan termasuk para manusia yang meneliti pusaran air di samudra ke dalam malapetaka kemusnahan.

Komentar sok tahu saya menyamakan lubang hitam di angkasa luar dengan pusaran air di sungai sama sekali bukan berdasar riset ilmiah namun sekedar dugaan organoleptik subjektif berdasar khayalan pribadi saya semata. Maka saya siap dicemooh sekadar mengada-ada belaka.

Believe it or not

Namun sekitar tiga bulan setelah saya berkhayal, tepatnya pada Senin 1 Februari 2021, situs resmi nottingham.ac.uk memberitakan universitas kota yang tersohor akibat legenda Robin Hood itu ternyata memiliki sebuah laboratorium khusus didukung anggaran riset jutaan pound sterling serta berkoordinasi dengan tidak kurang Prof Stephen Hawling fokus ikhtiar membuka tabir misteri yang menyelubungi lubang hitam.

Believe it or not, Universitas Notthingham membenarkan khayalan saya memiripkan lubang hitam dengan pusaran air melalui berita jurnal akademis yang agar tidak keliru saya copas sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The team from the University of Nottingham have used their simulation of a black hole, involving a specially designed water tank, for this latest research published in Physical Review Letters.

This study is the first to demonstrate that the evolution of black holes resulting from the fields surrounding them can be simulated in a laboratory experiment.

The researchers used a water tank simulator consisting of a draining vortex, like the one that forms when you pull the plug in the bath.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.