Terima Kasih Tim Thomas Cup, Sudah Berjuang meski Kemenangan Tanpa Kibaran Merah Putih...

Kompas.com - 18/10/2021, 07:32 WIB
Tim Thomas Cup Indonesia saat penyerahan Piala Thomas 2020. Indonesia mengalahkan China dengan skor 3-0 dalam final Thomas Cup 2020. Namun, selebrasi kemenangan tanpa kibaran bendera Merah Putih yang digantikan bendera logo PBSI karena Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA. PBSI/@badminton.inaTim Thomas Cup Indonesia saat penyerahan Piala Thomas 2020. Indonesia mengalahkan China dengan skor 3-0 dalam final Thomas Cup 2020. Namun, selebrasi kemenangan tanpa kibaran bendera Merah Putih yang digantikan bendera logo PBSI karena Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA.

KOMPAS.com - Terima kasih, tim Thomas Cup Indonesia! Ungkapan suka cita, gembira, dan bangga masih mengalir di lini masa media sosial menyambut kemenangan tim Thomas Cup Indonesia yang mengalahkan China dengan skor 3-0 dalam final Piala Thomas 2020.

Final berlangsung di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam.

Pukulan smash tajam Jonatan Christie mengunci kemenangan Indonesia atas China, sekaligus memastikan skuad Merah Putih juara Piala Thomas 2020.

Kemenangan di laga final yang digelar pada Minggu (17/10/2021) itu membuat penantian 19 tahun untuk kembali membawa pulang Piala Thomas akhirnya terbayarkan.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Pulang Piala Thomas...

Meski mengapresiasi perjuangan keras para pemain Indonesia, ada ironi yang terjadi pada selebrasi kemenangan Thomas Cup 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di podium Ceres Arena, Aarhus, Denmark, bendera Merah Putih tak berkibar dan berganti dengan bendera berlogo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Indonesia tak bisa mengibarkan Sang Merah Putih karena adanya sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia.

Indonesia dinyatakan tidak mematuhi regulasi pelaporan tes doping rutin.

Salah satu sanksinya, atlet dari Indonesia masih diizinkan mengikuti kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, namun tidak diperbolehkan mengibarkan bendera nasional selain di Olimpiade.

Baca juga: Tak Bisa Kibarkan Merah Putih di Thomas Cup, PBSI: Diganti Bendera Logo PBSI

Kecewa pada pemerintah, bangga kepada para pemain

Hal ini menjadi keprihatinan, meski tak mengurangi rasa bangga terhadap perjuangan squad Merah Putih.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.