Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Bermain Teka-teki Tokoh, Siapakah Orang Ini?

Kompas.com - 13/10/2021, 10:26 WIB
Ilustrasi. PIXABAY.COMIlustrasi.

 

BERDASAR riset Pusat Studi Tekatekimologi terdapat cukup banyak jenis teka-teki seperti misalnya teka-teki sejarah, teka-teki cuaca, teka-teki aritmatika, teka-teki filsafat, teka-teki pasar saham, teka-teki tes wawasan kebangsaan dan lain sebagainya termasuk teka-teki tokoh.

Maka demi mengisi waktu senggang di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM) akibat pagebluk Corona, saya ajak Anda sedikit bermain teka-teki tokoh.

Hak asasi manusia

Mahapenyair William Blake dan mahanegarawan Benjamin Franklin mengaguminya. Napoleon Boneparte selalu meletakkan buku tulisan tokoh ini di bawah bantal agar setiap saat dibaca oleh sang mahakaisar.

Thomas Alfa Edison menyatakan pemikiran tokoh ini merupakan yang paling cemerlang di dalam sejarah peradaban umat manusia.

Pada masa Perang Kemerdekaan Amerika melawan Inggris, George Washington senantiasa mengingatkan para prajuritnya untuk selalu menghayati tulisan tokoh ini sebagai pedoman perjuangan bangsa Amerika.

John Adams meyakini bahwa tanpa goresan pena tokoh ini mustahil bangsa Amerika memerdekakan diri dari penjajahan Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada masa Revolusi Prancis, tokoh ini sengaja datang ke Paris untuk ikut berjuang bersama rakyat melawan aristokrasi dan monarki Prancis.

Namun Robespierre merasa terancam oleh tulisan tokoh anti penguasa ini maka menangkap demi dapat mengguilotin kepala tokoh ini.

Syukur alhamdullilah, John Moenroe menyelamatkan serta Thomas Jefferson memberikan asylum di bumi Amerika Serikat bagi sang tokoh yang dianggap berjasa bagi negara, bangsa dan rakyat Amerika Serikat.

Tokoh ini pula yang pertama menggagas istilah The United States of America serta dianggap sebagai tokoh pelopor yang menghadirkan demokrasi di persada Amerika.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.