Kompas.com - 06/10/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer. Studi dunia nyata tunjukkan keamanan vaksin dan efek samping vaksin Pfizer. Penelitian di Israel menunjukkan, vaksin Covid-19 mRNA ini aman, dengan tingkat efek samping berat yang relatif kecil. Reaksi alergi vaksin mRNA ringan. SHUTTERSTOCK/Daniel ChetroniIlustrasi vaksin Pfizer. Studi dunia nyata tunjukkan keamanan vaksin dan efek samping vaksin Pfizer. Penelitian di Israel menunjukkan, vaksin Covid-19 mRNA ini aman, dengan tingkat efek samping berat yang relatif kecil. Reaksi alergi vaksin mRNA ringan.

KOMPAS.com - Sebanyak 453.960 dosis vaksin Pfizer-BioNTech tiba di Indonesia pada 1 Oktober 2021.

Vaksin tahap 81 ini mendarat melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta, dan langsung didistribusikan ke 7 provinsi di Indonesia.

Melansir Kontan, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa seluruh proses diterapkan jalur distribusi rantai dingin dengan suhu di bawah minus 70 derajat celcius.

Ini agar menjaga kualitas vaksin Pfizer-BioNTech, yang diketahui memang membutuhkan penyimpanan pada suhu tertentu.

"Pemerintah mengajak seluruh masyarakat segera vaksinasi. Tidak perlu pilih-pilih vaksin karena semua vaksin aman dan berkhasiat,” ujar Nadia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: 3 Cara Pendaftaran Vaksin Covid-19 Secara Online

Wilayah mana saja yang mendapatkan vaksin tersebut?

Daftar 7 provinsi yang mendapatkan jatah vaksin Pfizer-BioNTech antara lain:

1. Pontianak, Kalimantan Barat

2. Berau, Kalimantan Utara

3. Samarinda, Kalimantan Timur

4. Palangkaraya, Kalimantan Tengah

5. Padang, Sumatera Barat

6. Palembang, Sumatera Selatan

7. Bangka Belitung, Pangkal Pinang

Sebelumnya pada 3 Oktober 2021, sebanyak 800.280 dosis vaksin Pfizer-BioNTech tiba ke Indonesia, yang merupakan bantuan dari pemerintah Amerika Serikat melalui COVAX Facility.

Dengan kedatangan vaksin ini, membuat total vaksin jadi dan bahan baku yang diterima Indonesia mencapai 276.960.670 dosis.

Baca juga: Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 di Peduli Lindungi

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.