Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Kucing Selalu Lapar

Kompas.com - 18/09/2021, 10:38 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan yang gemar makan. Terkadang pemilik kucing yang cukup dikeluhkan oleh pemiliknya adalah sifat kucing yang selalu lapar.

Contohnya ketika sudah sudah diberikan makan berkali-kali dan dalam jumlah banyak, kucing masih saja terus lapar dan akan terus makan lagi. Tentu saja ada alasan mengapa kucing selalu lapar.

Dikutip berita Kompas.com Minggu (12/9/2021), ada beberapa penyebab kucing selalu lapar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Penyebab Kucing Selalu Lapar

Cacingan

Penyebab kucing selalu merasa lapar yang pertama adalah cacingan. Cacing dalam perut kucing akan mengambil nutrisi yang dibutuhkan kucing.

Hal itu artinya sebanyak apa pun kucing mengonsumsi makanan, ia tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Ini yang kemudian membuat otak kucing selalu mengirimkan sinyal lapar dan ingin makan karena tubuhnya membutuhkan nutrisi untuk tumbuh.

Hyperthyroidism dan diabetes

Selanjutnya adalah hyperthyroidism dan diabetes. Kedua penyakit ini memiliki gejala yang sama, yaitu tidak pernah kenyang alias lapar terus-menerus.

Hyperthyroidism bisa membuat metabolisme kucing meningkat sehingga membakar lebih banyak kalori. Sedangkan diabetes akan membuat tubuh kucing tidak bisa mengubah gula menjadi energi.

Kedua hal inilah yang membuat nutrisi kucing tidak pernah terpenuhi sehingga kucing selalu lapar terus menerus.

Jika kucing sudah mulai menunjukkan gejala selalu lapar dan makan terus-menerus namun berat badannya tidak kunjung naik, segera bawa ke dokter hewan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ilustrasi kucing makanPIXABAY/FLORIAN BOLLMAN Ilustrasi kucing makan

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Bosan dan kesepian

Tidak hanya karena penyakit, kucing yang selalu lapar juga bisa disebabkan oleh rasa bosan dan kesepian.

Seperti halnya manusia, kucing juga akan cenderung lapar saat dirinya bosan dan kesepian. Akibatnya, kucing selalu ingin makan terus sebagai solusi untuk menghilangkan rasa bosan dan sepi tersebut.

Jika itu yang terjadi, cobalah berikan mainan interaktif untuk kucing dan hindari free feeding alias meninggalkan makanan secara bebas di wadah makan kucing.

Depresi

Yang berikutnya adalah depresi. Selain bosan dan kesepian, kucing ternyata juga bisa mengalami depresi.

Ketika dilanda depresi, sebagian kucing memiliki nafsu makan yang cenderung meningkat. Misalnya, induk kucing yang baru saja kehilangan anak-anaknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com