Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gancet Bukan Azab dan Bisa Terjadi pada Siapa Saja, Ini Penyebabnya Menurut Medis

Kompas.com - 11/09/2021, 06:33 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Istilah gancet menjadi ramai dibicarakan pasca-peristiwa yang terjadi belum lama ini dan videonya beredar pada 7 September 2021.

Sebagian orang menganggap bahwa gancet atau penis tersangkut di vagina adalah azab bagi pasangan yang berhubungan intim di luar nikah atau hal mistis lainnya.

Namun anggapan itu ternyata keliru. Menurut Spesialis Seksologi dan Anti-aging, dr Haekal Anshari M.Biomed (AAM), gancet bisa terjadi pada siapa saja.

"Fenomena gancet sering kali dikaitkan dengan hubungan seks gelap atau mistis. Padahal, hal ini bisa terjadi pada siapa saja," kata Haekal kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Gancet, Kondisi Penis Tersangkut di Vagina, Bagaimana Bisa Terjadi?

Namun demikian, kata Haekal, hingga sat ini fenomena gancet belum banyak yang meneliti dan mengakji secara medis. Sebab, kejadian ini sangat jarang terjadi.

Gancet menurut medis

Secara medis, gancet adalah salah satu manifestasi dari gangguan vaginismus. Gancet secara medis disebut dengan penis captivus.

Haekal menjelaskan, gancet yang diagnosis medisnya adalah penis captivus (untuk laki-laki-nya) merupakan suatu kondisi penis yang terjepit pada vagina, yang bisa terjadi saat otot-otot panggul bawah perempuan berkontraksi sangat kuat atau tertarik ketika penis berada dalam vagina.

Oleh karena itu, secara umum istilah gancet ini digunakan untuk merujuk pada kondisi ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina ketika sedang melakukan hubungan intim.

Penyebab gancet

Haekal mengatakan, vaginismus bisa menjadi penyebab gancet saat berhubungan intim dengan pasangan terjadi.

Vaginismus sendiri adalah kekakuan otot dinding vagina yang tidak bisa dikendalikan.

Saat vaginismus ini terjadi, dinding vagina akan mengembang dan berkontraksi saat berhubungan seks.

Dinding vagina terbuat dari jaringan otot, yang kemungkinan sedikit berdenyut selama orgasme itu.

Nah, terkadang otot-otot vagina berkontraksi lebih dari biasanya. Kontraksi otot tersebut menyebabkan bukaan vagina menyempit, lebih rapat dan membuat laki-laki kesulitan untuk mengeluarkan penisnya, terutama ketika masih ereksi.

Baca juga: Gancet Bisa Sebabkan Pasangan yang Bercinta Meninggal Dunia? Ini Penjelasan Dokter

 

Pasalnya, aliran darah memenuhi seluruh batang penis saat ereksi dan membuat ukuran penis membesar dan membuatnya semakin sulit dikeluarkan dari vagina.

Inilah penyebab terjadinya gancet secara medis. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Ellyvon Pranita | Editor: Shierine Wangsa Wibawa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com