Kompas.com - 10/09/2021, 20:15 WIB
Suasana Lapas Kelas I Tangerang beberapa jam usai terjadi kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari. KOMPAS.com/NICHOLAS RYANSuasana Lapas Kelas I Tangerang beberapa jam usai terjadi kebakaran yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

KOMPAS.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten, terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Sedikitnya 44 narapidana dilaporkan tewas dalam kebakaran itu hingga Kamis (9/9/2021).

Peristiwa kebakaran di Lapas tersebut mengundang perhatian banyak pihak, tak hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri.

Baca juga: 214 Napi Korupsi Terima Remisi, Bagaimana Aturannya?

Selain persoalan narapidana yang melebihi kapasitas, juga disorot terkait sistem kelistrikan hingga buruknya sistem penjara di Indonesia.

ABC, media asal Australia menulis bahwa pembobolan penjara dan kerusuhan yang berujung luka-luka tahanan adalah hal biasa di Indonesia, di mana kepadatan menjadi masalah.

Pada Maret 2020, Indonesia disebutkan memiliki hampir 270.000 narapidana, lebih dari dua kali lipat dari total kapasitas 133.000, menurut Human Rights Watch.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar 214 Nama Napi Korupsi yang Mendapat Remisi HUT RI

Sejumlah besar orang telah ditangkap dalam perang negara melawan obat-obatan terlarang tetapi sebagian besar penjara di Indonesia berjuang dengan pendanaan yang buruk.

Hal itu sebagaimana dilaporkan ABC bertajuk "Fire breaks out at Indonesia prison as inmates sleep, killing 41 including two foreigners".

Sementara itu, salah satu kantor berita terbesar di dunia, Reuters memberitakan terkait kebakaran Lapas Tangerang yang penuh sesak di provinsi Banten Indonesia.

Baca juga: 214 Koruptor Dapat Pengurangan Hukuman, Ini Jenis-jenis Remisi yang Diberikan kepada Narapidana

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.