Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Komplotan Lima Maling yang Dipimpin Seorang Menteri

Kompas.com - 24/08/2021, 11:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

HAI, apa kabarmu? Semoga sehat selalu menyertai hari-harimu. Tidak hanya raga, tetapi sehat juga pikiran dan jiwa.

Pelonggaran pembatasan kegiatan karena kemampuan kita bersama mengendalikan penyebaran Covid-19 semoga sedikit melegakan dan berkontribusi pada kesehatan bersama.  

Setelah pemerintah menarik rem darurat pada 2 Juli 2020 dengan PPKM Darurat, sejumlah upaya tampak membuahkan hasil dengan turunnya kasus positif Covid-19 secara konsisten.

Target awal yang dicanangkan untuk menurunkan angka penularan di bawah 10.000 kasus per hari tercapai, Senin (23/8/2021) yaitu 9.604 kasus.

Angka kematian per hari yang konsisten di atas 1.000 dan bahkan pernah mencapai 2.069 pada 27 Juli 2021, Senin (23/8/2021) turun menjadi 842 kasus.

Melihat tren yang membaik ini, meskipun masih memberlakukan PPKM sampai 30 Agustus 2021, pemerintah menurunkan level pembatasan di sejumlah wilayah.

Level PPKM turun dari 4 ke 3 untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, dan Surabaya Raya.

Sejumlah konsekuensi penurunan level PPKM ini semoga melegakan dan menambah semangat untuk tetap menjaga kesehatan.

Meskipun sudah vaksin lengkap, disiplin protokol kesehatan tetap harus dijaga di tengah penurunan level pembatasan kegiatan kita.

Dengan upaya semua pihak, juga diri kita masing-masing dengan menyediakan diri divaksin dan disiplin dengan protokol kesehatan, semoga tren baik penanganan Covid-19 bisa kita jaga.

Sejumlah warga berdiri di area Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (23/8/2021). Pemerintah menurunkan PPKM dari level 4 jadi level 3 di sejumlah wilayah karena berkurangnya jumlah kumulatif kasus positif COVID-19, diantaranya Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A Sejumlah warga berdiri di area Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (23/8/2021). Pemerintah menurunkan PPKM dari level 4 jadi level 3 di sejumlah wilayah karena berkurangnya jumlah kumulatif kasus positif COVID-19, diantaranya Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Kita masih mendapati 51 daerah di Jawa-Bali masih di level 4 untuk perpanjangan PPKM hingga 30 Agustus 2021.

Satu setengah tahun semoga bisa membuat kita lebih ringan menjalankan disiplin yang pada awal-awalnya terasa seperti terpaksa demi kebaikan diri sendiri dan kebaikan bersama.

Kebaikan diri sendiri dan kebaikan bersama adalah prioritas yang menjadi perhatian selama pandemi. 

Tidak mudah teguh dengan prioritas ini. Terlebih, ketika kita menyaksikan mereka yang diberi kekuasaan melakukan kebaikan itu justru melakukan kejahatan.

Tidak hanya sendiri kejahatan itu dilakukan tetapi bersama-sama kejahatan dilakukan dengan komplotannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com