Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ampuh Hilangkan Bau Bangkai Tikus di Sekitar Rumah

Kompas.com - 22/08/2021, 06:37 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Keberadaan tikus di sekitar area rumah memang sangatlah mengganggu. Tidak hanya bisa merusak dan mengotori rumah, tikus juga bisa membawa bibit penyakit.

Itu saat masih hidup. Ketika sudah mati, aroma tidak sedap bangkai tikus bisa sangat menyengat. Tentu saja hal ini sangat mengganggu terlebih bila berada di sekitar rumah.

Mengapa bau bangkai tikus bisa beraroma sangat menyengat? Ada penyebabnya.

Baca juga: Cara Jitu Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Dikutip dari berita Kompas.com yang melansir Terminix, Senin (5/7/2021), bau busuk dari bangkai tikus terjadi karena campuran bahan kimia yang diproduksi saat tubuh membusuk, termasuk sulfur dioksida dan metana.

Namun hal ini tidak hanya terjadi pada bangkai tikus. Hal yang sama juga bisa berlaku pada bangkai hewan lainnya.

Semakin besar hewan yang mati, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk membusuk.

Kembali ke persoalan bangkai tikus. Tidak hanya baunya yang merepotkan, sering kali bangkai tikus berada di lokasi-lokasi yang sulit terjangkau di area rumah, seperti gudang atau plafon.

Untuk mengatasinya, ada sejumlah cara menghilangkan bau bangkai tikus yang bisa kamu lakukan. Antara lain sebagai berikut:

1. Segera temukan sumbernya dan singkirkan

Ketika dirasa aroma seperti bangkai tikus sudah tercium, segeralah temukan sumber baunya. Cari di area-area di sekitar rumah yang tikus biasa terlihat.

Atau bisa juga perhatikan area rumah yang tiba-tiba banyak dikerubungi lalat atau serangga lainnya. Biasanya lalat akan mengerubungi bangkai tikus.

Apabila sudah ketemu, segera singkirkan. Kemudian berikan ventilasi sebanyak mungkin pada area dimana bangkai ditemukan.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Bangkai Tikus di Sekitar Rumah

Kamu bisa membantu menghilangkan baunya dengan membuka semua jendela dan menggunakan kipas angin untuk mengusir baunya.

Namun ada hal penting yang perlu kamu perhatikan. Saat menyingkirkan bangkai tikus, gunakan sarung tangan dan masker agar cairan bangkai yang ditumbuhi banyak kuman tak menyentuh kulit.

Kemudian masukkan bangkai tadi ke dalam plastik, ikat dan tutup dengan rapat agar aroma tak lagi keluar. Setelah itu kamu bisa menguburkan bangkai atau membuangnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com